Tentang

Sekilas mengenai blog ini

Nauf-vault adalah sebuah weblog pribadi yang dikelola sendiri oleh Ade Naufal Ammar, seorang anak remaja yang di usia 10 tahun sudah mengenal weblog. Kini terhitung sudah lebih dari 8 tahun Ade menggeluti dunia blogging, dan saat ini Ade sudah berumur 21 tahun.

Weblog ini sebenarnya hanya berisi tulisan-tulisan Ade yang memuat topik paling penting baginya: keseharian dan potret kehidupan. Untuk gaming, ekonomi, dan teknologi sendiri porsinya masih sangat sedikiiiiiiiiiiiiit sekali. Dan mungkin ke depannya bakal lebih banyak lagi postnya. Jenis-jenis posnya ada juga yang berupa opini, analisis, dan politik (tapi ini juga masih sangat sedikit). Ade berharap suatu saat bisa menulis di ranah filosofi, agama, budaya populer dan kontemporer.

Dengan tagline lama, ‘Mengarungi dunia dengan terkaman harimau Sumatra’, Ade bertekad untuk mengeblog mulai hari di mana Ade menulis blog sampai akhir hayat.

Serentetan teks pendek mengenai Ade

IMG_4355
Ade yang dulu, saat rekreasi di Samosir.

Ade pernah bersekolah di TK (baca: playgroup) Najma Ruqayah Darus, TK IKAL Medan, SD IKAL Medan, SMP Harapan 2, dan SMA Negeri 1 Medan. Awal niatnya ingin masuk STEI ITB, tapi malah jebol di Ilkom USU. Sementara sudah diterima juga di Teknik Informatika Tel-U, dan si Ade maunya di Tel-U saja. Maka mulailah perjalanan panjang hidup Ade di Bandung.

Sehari-hari dipanggil Ade, tapi boleh saja jika kalian ingin memangginya Naufal atau Ammar. Di Internet, Ade lebih dikenal dengan nickname Sumatran dan Naufv.

Ade termasuk salah satu orang yang berkepribadian ambivert — bisa introvert, bisa extrovert. Rada cuek dan tidak peduli, tapi sebenarnya baik dan ramah bila ada yang mengajaknya berbicara. Di luar itu, Ade juga sering mencuri kesempatan/waktu untuk mengerjakan hal-hal yang disukainya.

Lahir di Dumai pada 28 Maret 1997 dan tinggal di sana selama dua tahun. Pada tahun 1999, keluarganya pindah ke Medan karena ayahnya Ade dimutasi kerja ke sana. Ketika sudah pindah ke Medan, Ade mulai diperkenalkan dengan seperangkat komputer. Game pertama Ade kala itu adalah Minesweeper dan Pinball, kemudian dilanjut dengan Starcraft beserta expansion packnya ketika Ade diajak ke kantor ayah. Walau demikian, Ade kurang memahami mekanisme game yang Ade mainkan pada saat itu dikarenakan usia Ade yang masih muda sekali.

Karena sudah mulai terjun di dunia gaming sejak berumur tiga tahun, ditambah dengan dukungan ayah yang selalu membelikannya kaset game (bajakan, pada masa itu), Ade sudah bermain bermacam-macam genre game, seperti FPS, RTS, dan arcade. Dulu Ade juga punya konsol Nintendo 64, PS1, dan PS2; beliau mainkan sampai kondisi kedua konsol tersebut dalam keadaan cukup parah. Stik N64 sudah pada hilang, sedangkan PS1 dan PS2nya diberi ke famili di kampung.

Bisa dibilang Ade sudah lama mengenal Internet sejak ada iklan Telkomnet Instant lagi gencar-gencarnya di televisi. Ade masih hafal dengan iklan tersebut sampai sekarang. Pada masa itu, bisa dibilang masa populernya telenovela, seperti Amigos x Siempre, Betty Lavea, dll.

Untuk saat ini, Ade masih bingung disebut apa. Ade belum bisa menyatakan dirinya seorang geek karena pengetahuan tentang suatu fandom masih sangat minim. Ade juga belum bisa menyatakan dirinya seorang otaku, hanya saja menyukai budaya Jepang dan mengkoleksi beberapa hal yang berhubungan dengan Jepang. Ade juga tidak bisa dibilang benci dengan hal berbau Korea, karena sekarang Ade lebih toleran terhadap mereka. Tetapi Ade mau dan menerima disebut sebagai seorang pemerhati industri kreatif (terutama industri doujin lokal), seorang kolektor komisi, dan seorang kolektor doujin dan merch.

Dan untuk saat ini, status Ade masih lajang alias jomlo. Ingin punya pacar karena merasa terlalu kesepian walau sudah banyak mengalami sepak terjang kegagalan dalam menjalin hubungan sampai saking kesepiannya terpaksa mencari bahan dan merancap. Mohon tolonglah Ade yang satu ini.

 

27021817_10208644380106385_32327091405815503_o.jpg
Ade (paling kiri) yang sekarang, alhamdulillah jadi lebih besar. Tapi kata ortu harus dikurusin lagi (perutnya). 😥

 

Beberapa pertanyaan mengenai asal-usul Ade

Jelaskan dong bagaimana asal mula Ade menggunakan nickname Sumatran.

Jadi, sebelum mulainya pertandingan Speedy Games Championship di Deli Plaza pada 31 Juli — 1 Agustus 2010, Ade sedang galau memikirkan nickname apa yang cocok untuk bermain nantinya. Ade berpikir, berpikir, dan berpikir.

Lalu, terlintas di pikiran, seolah-olah membuka Kamus Bahasa Inggris Oxford, Ade membuka halaman istilah-istilah nama orang untuk menyebut entitas seseorang dari asalnya. Di sana, Ade pernah melihat kata Sumatra yang mana apabila disebut ‘orang Sumatra’ dalam bahasa Inggris, maka sebutannya adalah ‘Sumatran’. Why not using Sumatran as nickname?

Saat itu jugalah Ade memutuskan untuk menetapkan pemakaian nickname Sumatran.

Sumatran itu foundernya Indonesian Steam Community yah? Saya lihat beliau suka giveaway.

Iya. Konon Ade sudah lama mengelola ISC sejak 2 Januari 2010. Dulu Steam belum ramai seperti sekarang; belum banyak yang pakai Steam. Karena itulah maka dulu belum ada komunitas pengguna Steam di Indonesia. Terinspirasi dari grup ‘Australian Gamers’ di Steam, Ade mencoba buat grup yang serupa tapi dikhususkan untuk pengguna Steam dari Indonesia.

Dulu sih keranjingan banget bagi-bagi game. Sekarang sih relatif bisa dilihat berdasarkan waktu. Kadang bagi-bagi, kadang tidak.

Ada pertanyaan lainnya yang ingin ditanyakan?

Jika ada, mohon kunjungi tautan ‘Kontak Saya’ untuk mengirimkan pertanyaan dengan mengklik ini.

Advertisements