Cerita Saya Menjadi ‘Babysitter’ Anak Kucing Selama 5 Hari


Mumpung anak kucingnya lagi pada tidur, saya sempetin buat nulis ini sekarang. Soalnya kalau saya tulisnya pas mereka bangun, bisa-bisa saya bakal diganggu banget sama mereka. Ntar malah gak fokus. Dan sekaligus juga nulisnya pas hari terakhir mereka bakal dipulangkan, jadi biar nggak lupa-lupa amat soal cerita jaga anak kucing yang dititipkan ke saya ini.


Jadi awal mula ceritanya, tanggal 8 Januari ada teman saya yang tanya di grup kelas kalau siapa yang bisa bersedia buat dititipkan anak kucing. Berhubung saya gabut dan gak ada kerjaan di kosan, sekaligus sepi juga karena nggak ada yang menemani, akhirnya saya bersedia untuk menawarkan kesanggupan menjaga anak kucing teman saya ini. Pembicaraan pun berlanjut di japri dan saya pun deal dengan teman saya ini. Lumayan lah, mengisi sisa-sisa hari libur kuliah dengan menjaga anak kucing.

Karena saya belum tahu kapan tepatnya saya bisa mulai jaga anak kucing, besoknya saya tanyakan ke teman saya. Katanya sih besok sore dia bakal ngasih anak kucingnya. Okelah kalau begitu.

Besoknya lagi, saya tunggu kehadiran anak kucing itu. Saya sempat tertidur cukup lama, kemudian terbangun setelah ada panggilan telepon dari teman saya yang punya anak kucing itu. Lalu saya coba tunggu… tunggu di depan pintu kosan. Setelah menunggu beberapa lama, baru akhirnya saya berjumpa dengan teman saya, membawa pet cargo dan bungkusan berupa pasir dan makanan kucing. Setelah diserahkan semuanya ke saya, langsung saja saya bawa ke kamar kos saya.

Saat dilihat-lihat, ternyata anak kucing yang dititipkan ada dua. Satu bewarna hitam banget, satunya lagi campur warnanya, hitam-putih.

Dan di sini lah awal mula cerita saya mengasuh dua anak keci- eh, kucing ini.

Hari Pertama

Sebelum saya buka pet cargo dan mengambil keluar kucingnya, saya sudah terlebih dahulu menutup pintu kamar agar mereka tak keluar ke mana-mana. Takutnya kalau sudah keluar, susah dicari karena mereka pasti pada ‘keluyuran’ main di lorong kosan. Udah pasti itu.

Setelah saya keluarkan mereka dari pet cargo, saya pun langsung beres-beresin sedikit kamar saya untuk memposisikan tempat makan dan tempat kakus/pasir. Berhubung ini baru pertama kalinya saya mengurus kucing yang lumayan serius kalau saya bilang dan juga saya nggak tahu persis pengalaman dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengurus kucing seperti apa, jadi tempat pasir buat kakus mereka saya taruh di pet cargo. Posisi awalnya di dekat jendela kamar samping dan dekat lemari. Tempat makan mereka juga saya taruh di dekat situ.

Selama beberapa jam saya menemani dua anak kucing yang belum saya ketahui jenis kelamin dan namanya ini, saya lihat bahwa mereka ini jarang banget ngeong. Heran, tapi saya bersyukur karena kedua anak kucing ini tidak membuat kegaduhan yang sangat tidak enak. Mereka hanya mengeong kalau minta makan atau mungkin ada permintaan khusus lainnya. Selain itu, nggak ada masalah.

Saya juga pantau makanan yang diberikan ke mereka itu ada dua. Ada Whiskas rasa ikan kembung sama makanan kering yang bentuknya bulet-bulet gitu. Pas saya kasih Whiskas, mereka dengan lahap langsung makan semuanya. Sementara pas saya kasih makan makanan kering, mereka makannya kadang-kadang. Nggak langsung habis semuanya. Makannya pas emang lagi laper banget baru dimakan. Jadi saya nggak bisa langsung kasih banyak. Padahal stoknya jauh lebih banyak yang makanan kering ketimbang Whiskas. Stok Whiskas yang saya beri pada hari itu jauh lebih banyak ketimbang hari-hari berikutnya.

Beriringan juga dengan makan, proses buang air mereka juga saya perhatikan. Di sini saya amati bahwa menaruh tempat pasir di pet cargo adalah suatu kesalahan fatal. Soalnya selain pet cargonya jadi bau, kamar saya pun juga ikutan jadi bau karena tempat buat pipis sama eeknya juga di kamar saya. Apalagi pasirnya nggak wangi alias biasa aja. Saya pun juga kurang tahu, bahwa sebenarnya takaran untuk ganti pasirnya itu seberapa banyak. Asalkan sudah bau pesing, saya langsung ganti. Jadi pasirnya saya kira cepat habisnya, karena saya lihat pun teman saya beri saya pasirnya juga nggak begitu banyak amat. Menurut teman saya, katanya pasirnya cukup buat lima hari. Tapi menurut saya nggak. Maka mulai hari itu juga saya coba sisihkan pasirnya sedikit demi sedikit sampai akhirnya habis.

Belum sampai tiga jam, eh, anak kucingnya kebelet. Saya sangsi anak kucing yang warnanya hitam yang jadi pelakunya. Jadi dia udah kebelet gitu kan, terus dia masih sulit buat eek di tempat pasir yang di dalam pet cargo yang kebuka. Karena posisinya sulit, jadi dia posisi eeknya nempel ke dinding. Mungkin saya kira buat ngelapnya kali ya. Eeknya yang semula di pasir, malah nyebar ke pet cargo sama ke dinding.

Aduuuuuuuuuh! Baru hari pertama udah ngerepotin aja.

Karena gak tahan sama baunya yang astaghfirullah pesingnya, saya langsung ambil sapu, pel, serokan, buat ngebersihin sisa-sisa eeknya dia itu. Terus saya langsung coba bersihkan tempat pasirnya, saya isi lagi dengan pasir yang masih bersih, terus saya letakkan di kamar mandi. Tak lupa saya coba bersihkan juga pet cargonya dan coba pindahkan ke atas lemari saya. Habis dibersihkan, saya kasih tahu ke anak-anak kucing itu kalau tempat pasirnya sudah dipindah ke kamar mandi. Caranya saya bawa anak kucingnya satu-satu, terus kasih tunjuk pasirnya di mana. Oh ya, hampir saya lupa mau kasih tahu… pas saya udah kasih tahu mereka buat tempat pasir yang baru di mana, ternyata masih ada tai nyempil di kasur saya! Aduh! Untung tainya kecil.

Di hari pertama pula, saya pelajari bahwa kedua anak kucing ini langsung nempel sama saya begitu saya kasih makanan sebagaimana teman saya yang jadi pemiliknya beri makan. Langsung jinak dan betah. Terus juga yang putih itu lincah banget. Kalau saya buka pintu sedikit saja, langsung keluar dia. Yang hitam juga nggak kalah lincah kalau untuk urusan berantam dengan si putih.

IMG_20180110_193745.jpg
Petakilan banget ini anak.

Malamnya, saya diganggu sama duo anak kucing ini. Minta dielus-elus lah, yaudah saya kasih. Tapi tetep aja pas lagi mau main mereka malah menghadang saya buat main. Sampai pada akhirnya saya paksa turunin mereka berkali-kali dari meja dan laptop. Lalu akhirnya mereka capek juga, terus mereka tidur.

Pas saya mau tidur, kaki, tangan, dan muka saya dijilat-jilat oleh mereka. Suatu tanda afeksi yang tak terlupakan untuk diri saya.

Hari Kedua

Pagi-paginya waktu saya masih setengah sadar, mereka masih aja jilat-jilat saya. Jilat tangan, jilat kaki, bahkan jilat muka dan termasuk kumis dan jenggot saya. Nggak tahan dengan itu, saya coba tidur lagi. Terus pas udah pagi, saya bangun, terus ke kamar mandi. Habis keluar dari kamar mandi, lihat ada kotoran lumayan banyak. Subhanallah… pagi-pagi sudah diberi cobaan. Langsung aja tuh saya cium, bau nggak. Nggak bau. Yaudah langsung saya bersihkan kotoran yang ada di kasur, posisinya ada di daerah kaki saya. Terus langsung aja saya bersihkan kaki saya yang mungkin kena juga sama kotoran kucing itu.

IMG_20180111_070121_BURST6.jpg

Hari ini nggak begitu banyak yang bisa saya ceritakan, karena sudah hampir lupa. Yang pasti, saya masih ingat mereka itu pagi-pagi setelah saya bangun, pas saya mau keluar kamar, mereka mau ngikutin. Terus saya sarapan ke luar. Pas saya balik, mereka langsung tuh pada keluar. Yang putih kencangnya bukan main. Yang hitam nyusul. Terus saya bawa mereka ke kamar lagi.

Aktivitas mereka ini paling hanya berantam, mondar-mandir, loncat sana-sini, termasuk loncat ke meja dan laptop saya. Mau main jadi malah terganggu. Terus saya juga malah disusahin sama si putih dan si hitam ini. Mereka fokus sama tangan saya, pengen saya elus mereka. Apalagi yang hitam tuh. Hih. Manja banget. Kepala dan dagunya pengen dielus-elus. Selain kepala dan dagu, dia langsung minggat tuh. Terus elus-elus kaki. Baru dia balik lagi minta dielus pakai tangan saya.

Malam harinya, saya coba untuk bermain dengan mereka sebelum bermain Dota dengan teman saya. Memang hari ini main Dota dengan teman saya ini rada memuakkan, karena salah satu teman saya bikin teman saya, yang bisa dibilang jago di antara kita semua, ngamuk, dan saya juga berhasil bikin teman saya yang bikin ngamuk yang tadi, juga ngamuk, terus pas udah mulai tengah malam saya mulai ngantuk karena lama banget nungguin dia beli token listrik, akhirnya saya memutuskan untuk tidur. Duo anak kucing yang semula udah terlanjur tidur duluan di kasur, saya usir mereka. Masa saya tidur di karpet. Penistaan amat parah ini antara babysitter kucing dengan anak kucing.

Hari Ketiga

IMG_20180112_095929.jpg

Akhirnya tibalah hari Jumat. Hari di mana saya harus terjaga sepanjang pagi agar siangnya bisa solat Jumat. Takutnya kalau saya tidur terus, nanti solat Jumatnya terlewatkan. Dan juga hari ini baru bisa sempat mandi karena dua hari sebelumnya nggak sempat mandi karena ngurus anak kucing dan pasirnya.

Seperti biasa, mereka kalau sudah terbangun, pasti pagi-pagi pemanasan dulu mereka. Main kejar-kejaran, loncat sana-sini, berantam lah. Terus kalau saya buka kamar, mereka pada keluar juga.

Karena sebentar lagi pasirnya sudah mau habis, jadi saya sempatkan diri untuk beli pasir tambahan selama satu hari satu malam ini ke pet shop yang disarankan teman saya. Arahnya dari kampus ke Borma Bojongsoang, letak pet shopnya di sebelah kanan. Dekat lah, pikir saya. Saya pun segera tancap gas. Di sana ada macam-macam pasir. Tapi saya bingung, yang murah 20 ribuan justru yang nggak berbau wangi dan jumlahnya sekarung. Gimana saya mau belinya, pakainya juga sedikit pikir saya. Yaudahlah saya coba lihat lagi yang wangi paling murah. Ada yang 3 kg, harga 28 ribu. Lumayan mahal dengan jumlah segitu, menurut saya. Tapi yaudahlah saya beli aja, karena juga sebentar lagi mereka balik. Jadinya saya beli yang 28 ribu itu. Pas saya kasih tahu ke teman saya, ternyata saya salah beli dan mending beli yang 20 ribuan itu. Ah yasudahlah, saya dan teman saya pun maklum karena saya juga nggak ngerti-ngerti amat soal beli pasir ginian.

Berhubung hari ini saya lihat kamarnya sudah kotor banget, jadi sebelum solat Jumat saya sempatkan untuk beresin kamar yang berantakan. Sekalian saya kasih mereka kebebasan untuk keluar kamar. Saya sapu dan pel kamarnya. Tak lupa sebelum disapu dan dipel, saya keluarin karpet, kasur, meja dan barang-barang yang dirasa menyempil di area lantai yang sering digunakan.

Pas disapu, tuh anak kucing pada nengokin saya nyapu. Terus pas lagi dipel, eeeeeeeeeeh malah dilewati sama anak kucing. Jadinya ada bercak kakinya nempel di lantai. Mau nggak mau saya harus tutup dulu dong kamarnya selama lima belas menit.

Habis itu langsung saya masukkan barang-barang ke dalam kamar, beresin alat bersih-bersih ke tematnya semula, kasih Whiskas ke mereka, lalu tutup pintu. Sambil membawa baju kotor, saya keluar mengantar ke laundry dulu baru langsung pergi solat Jumat ke mesjid.

Setelah solat Jumat, wah… langsung nih anak-anak pada keluar. Yang putih lagi-lagi yang lincah langsung keluar. Baru sempat memasukkan anak kucing yang putih ke dalam kamar, eh yang hitam nyusul keluar kamar. Setelah beberapa saat, akhirnya saya sempat juga bisa memasukkan kedua anak kucing ini ke dalam kamar.

Selama di kamar dari siang setelah solat Jumat sampai sore, saya coba mau main. Tapi diganggu sama mereka. Yaudah deh gak jadi main, akhirnya saya coba tidur. Anak kucing yang rewel pun juga ikutan tidur karena saya pun tidur.

Lepas jam 5-6 sore, saya coba mau keluar kamar. Tapi cepat-cepat keluarnya. Untungnya berhasil karena tidak ada kucing yang sempat keluar dan sebelumnya sempat saya setel lagu khusus untuk kucing. Saya baru aja teringat kalau ada playlist lagunya di Spotify dan berhubung ada kucing juga, jadi kenapa tidak sekalian dicoba?

IMG_20180112_175409_HDR.jpg
Putar musik ini, tinggalin bentar, terus nyenyak deh.

Rencananya sih saya mau keluar untuk potong rambut sama kasih celana yang robek ke penjahit, tapi berhubung penjahitnya belum buka, jadi saya cuma sempat potong rambut dulu. Nanti pas jam 7 malam baru saya ke sana lagi. Hadeh…

Malam ini, kegiatan yang saya lakukan bersama kedua anak kucing ini adalah menemani mereka dengan memenuhi permintaan mereka: dielus. Kalau nggak dielus, nanti mereka ngambek. Terus mereka loncat ke meja dan laptop lagi. Permainan Dota saya jadi terganggu. Sebelumnya mereka sudah saya beri video permainan yang mereka tonton. Jadi kayak ada objek bergerak, entah itu laser atau tikus, terus tangan mereka berusaha mengejar objek tersebut. Tapi malah setelah saya hentikan videonya, mereka tetap aja berusaha menagih saya dengan elusan tangan saya. Saya coba akali dengan menginstall game seperti video yang saya kasih, ternyata cukup ampuh. Walau sesekali mereka berusaha mengganggu saya kembali karena gamenya terkadang suka ketutup sendiri atau semacamnya.

VID_20180112_194359.jpg
Asik bener liatin cursornya.

Hari Keempat

Nggak terasa akhirnya saya melewati tiga hari yang hectic bersama kedua anak kucing ini. Hari ini adalah hari keempat, yang mana besoknya mereka sudah harus pulang. Jadi saya nggak harus banyak mengurus dan memperhatikan mereka.

Oh ya, ngomong-ngomong kemarin malam saya nggak tahan dengan bau wangi dari pasirnya. Padahal saya kasih pasirnya setengah bak, tetapi baunya nauzubilah dibanding pakai pasir tak berwangi. Jadi akhrinya saya habiskan sisa pasirnya, saya taruh ke tray dan ternyata lumayan tahan baunya sampai besok.

Sepanjang hari ini, apa yang saya lakukan terhadap mereka adalah seperti biasanya. Keluar kamar sampai dinotice bapak kos, kejar-kejaran dan grusak-grusuk ke sana ke mari, mereka pengen minta dielus sama saya atau kalau enggak mereka bakal ganggu saya, kalau mau makan mereka mengeong, dan yang paling terpenting adalah mereka nggak lagi eek atau pipis sembarangan. Setidaknya ini yang saya perhatikan jika dilihat dibanding dengan tiga hari sebelumnya.

IMG_20180113_191513.jpg
AWAS WOI!!! MAU MAIN!!??!@?!@?!?#?@?#

Yang bikin saya merasa sedikit kecewa pada hari ini adalah ketika saya berulang kali memaksa si putih dan hitam untuk turun dari meja dan laptop saya dan salah satu dari mereka saya lempar paksa mereka ke kasur. Terus mereka jadi pada terhentak gitu kan. Saya pikir mereka nggak bakal lagi suka sama saya gara-gara cuma masalah dilempar doang ke kasur. Memang sih jatuhnya mereka nggak bakal ngeganggu atau ngerengek minta dielus lagi, jadinya malah ngegigit. Ngedengkur pun enggak. Karena udah berubah kali modenya yak, jadi mode semi-agresif gitu dia.

Dan hari ini pula saya baru sadar setelah dikasih tahu teman saya, kalau mereka ini berdua berjenis kelamin cewek. Yang putih namanya Mbul, sedangkan yang hitam namanya Miyauw. Pantas saja saya merasa berfantasi pada malam hari pertama, ketika saya berusaha untuk tidur dan mereka menjilati kaki, tangan, dan muka saya. Saya seolah-olah diseduce oleh kedua wanita tapi terperangkap dalam tubuh anak kucing. Dah ah, ntar jadi malah keterusan ketagihannya.

Hari Kelima

Hari ini saya bangun agak lama dari biasanya, karena sebentar lagi anak-anak kucing ini bakalan pulang ke pemiliknya. Senang sekali rasanya, melihat kedua anak-anak kucing ini tidak lagi rusuh dan mengganggu saya di kamar.

Setelah bangun karena ditelpon teman saya yang punya anak kucing ini, saya pun langsung siap-siap membereskan pet cargo yang terbuka. Karena saya sendiri awalnya nggak tahu bagaimana cara buka pet cargo yang benar dan baru tahu kalau tray buat naruh pasir itu juga bisa dimasukkan lewat pintu pet cargonya bukan dari setelah membuka atap pet cargonya, maka saya merasa berdosa besar karena sudah membuka atap dan juga mencopot pintu pet cargonya.

Sebelum saya benerin pet cargonya, terlebih dahulu saya bereskan dulu traynya yang masih ada pasir bekas eek dan pipis anak kucing. Habis itu saya coba benerin atap pet cargo bersama pintunya yang lepas. Memang agak susah sih, karena posisinya yang juga bikin pinggiran pet cargonya tertekuk. Tapi alhamdulillah bisa ditempel lagi.

Saya masukkan mereka kembali ke dalam pet cargo beserta tray pasirnya. Lalu bungkusan makanan kering dan tempat makannya juga udah plastikin. Beres deh. Tinggal saya antar ke teman saya yang kosannya cuma beda satu gang.

Nggak rewel dan nggak macem-macem, pas dimasukkin mereka kayak ngeong-ngeong biasa. Terus pas jumpa sama teman saya juga saya sedikit keluarin uneg-uneg soal eek yang kena ke pet cargo. Dan akhirnya saya dapat uang hasil kerja keras mengurus kedua anak kucing. Yah nggak seberapa lah dibanding jasa penitipan kucing, masih harga teman (perih broooo). Tapi pengalamannya saya rasa nggak sebanding dengan gaji yang didapat. Setidaknya dengan pengalaman yang didapat, bisa jadi saya bisa lebih baik dalam mengurus kucing jika ingin mengadopsinya.

Saya pun bisa lega karena sudah tidak mengurus siapa-siapa lagi.

IMG_20180114_131634.jpg
Dadah. Miss you guys.

Jadi, Bagaimana Kesannya dan Pelajaran yang Bisa Diambil dari Menjaga Anak Kucing?

Ini baru pertama kalinya saya sedikit benar-benar mengurus kucing, terutama anak kucing. Saya baru tahu kalau mereka itu bisa diajari pipis dan eek dengan adanya pasir. Memang sih saya juga udah tahu kalau sebenarnya mereka bisa pipis dan eek di kloset, tapi harus ada alatnya yang bisa mendorong mereka buat pipis dan eek tanpa harus digali lagi pasirnya. Saya udah pernah lihat video Youtubenya. Tapi tetap saja mereka bisa kok nggak sembarangan buang air selama ada pasir dan diajari/dikasih tahu. Walaupun tetap ada trial dan errornya (karena saya juga sempat 3x mengalami anak kucing eek sembarangan), tapi setelah itu mereka terbiasa untuk eek dan pipis kok.

Terus saya pikir mereka juga cocok sebagai human companion kita. Karena dengkurannya itu loh, bikin hati kita yang lagi galau atau kesal jadi merasa lumayan legaan. Mereka juga pengen diperhatikan, terbukti dari merekanya yang selalu menggosok-gosokkan badan dan menjilat anggota tubuh seperti tangan, kaki, dan muka. Bahkan mereka juga nggak segan-segan untuk tidur di bawah naungan kaki atau tangan kita.

Tapi ada beberapa yang belum saya terlalu pelajari, seperti cara memandikan kucing yang ideal itu seperti apa. Karena saya cuma disediakan tempat makan dan makanan berupa makanan basah dan makanan kering ya. Berhubung mereka masih anak-anak, jadi makanan basah jauh lebih mudah dimakan dan pastinya lebih lahap dibandingkan dengan makanan kering. Namun demikian, saya lihat mereka juga mau dikasih makanan seperti tulang ayam.

Dan yang paling dasar untuk bisa mengurus kucing adalah kesabaran. Karena kuncinya adalah itu, maka kalau mau ngejaga atau ngurus kucing dari kecil sampe dewasa banget, mesti sabar. Sabar kalau mereka mau minta makan, minta dielus, berantem ke sana ke sini sampe loncat ganggu kita, mau eek atau pipis, dan berbagai macam kebutuhan kucing lainnya.

Saya pribadi bukannya nggak suka ngurus kucing. Saya suka. Tetapi kondisi kamar dan kosan menurut saya pribadi kurang begitu mendukung. Soalnya saya masih pakai meja lesehan, kemudian karpet tikar. Sebenarnya saya juga ada karpet bulu, tapi mengingat ada anak kucing, jadi untuk sementara saya jemur sampai mereka sudah pergi. Takutnya kalau ada karpet itu, nanti malah bikin jadi lebih kotor dan bikin anak kucing jadi lebih mudah bersin. Terus juga karena luas kamar kosan bisa dibilang pas-pasan dan kalau mau dilepas dari dalam kamar juga susah, karena ada kemungkinan mereka keluyuran ke mana-mana. Bahkan kemarin atau dua hari yang lalu saya ingat si hitam sampai keluar pintu depan kosan gara-gara pintunya terbuka. Kan repot juga kalau dia sampai menghilang begitu.

Yang paling menyusahkan itu sebenarnya kebijakan dari kosnya. Kos saya sebenarnya tidak memperbolehkan memelihara kucing. Aturan ini saya lampirkan dalam gambar, yang bisa Anda lihat di nomor 16.

IMG_20180112_124406.jpg

Aturan ini saja sudah ada, apalagi kesan dari bapak kos yang kurang enak melihat saya menjaga kucing. Takut kenapa-kenapa lah, eek dan pipis sembarangan. Itulah yang saya rasakan sampai sebelum saya keluar dari rumah saya di Medan, kenapa kucing liar tidak benar-benar dijaga di dalam rumah. Ya karena takutnya mereka pipis atau eek sembarangan. Padahal kalau pelihara kucing adopsi atau anak kucing adopsi, masih bisa diajari dengan dikasih pasir sebagai tempat kakus.

Jadi, setelah saya jelaskan semua pemaparan pribadi di atas, saya rasa saya masih belum siap mengurus kucing secara fulltime. Mungkin saya bakal adopsi kucing setelah menemukan tempat hunian berupa kontrakan atau rumah sewa yang lebih baik untuk bisa mengakomodasi saya dan kucing. Walaupun sekarang nggak pelihara kucing, tapi saya masih suka kucing kok.


Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!