Susah Mencari Kostan yang Cocok

Tak terasa aja udah semester dua. Semester yang hanya kuliah selama lima bulan ini sekaligus mengakhiri masa-masa di asrama. Bisa aja sih kalau mau lanjut di asrama, jadi senior residence, ah tapi untuk apa. Fasilitas yang begitu, internet yang acak adut, tinggal di lantai empat yang capek kalau mau naik turun, dan risih dengan teman-teman yang kalau mau asyik sendirian juga nggak bakalan bisa. Oleh karena itulah saya lagi nyari-nyari tempat tinggal baru.

Sekalian menghabiskan waktu sebelum hengkang dari asrama, sebenarnya saya niatnya mau cari kontrakan bareng teman, tapi waktu tidak merestui saya untuk mencari tempat kontrakan sekaligus mengajak teman yang bisa diajak kontrak rumah bersama. Ujung-ujungnya saya musti mencari tempat kostan yang menurut saya cocok untuk ditempati.

Sudah ada beberapa kostan yang saya kunjungi. Kebanyakan di antaranya ada yang menawarkan harga murah, sudah dipaket dengan fasilitas dan tagihan seperti listrik dan internet, tapi saya kurang cocok karena tempatnya yang… mungkin apek ya? Ada juga beberapa yang bagus tapi kebanyakan di antaranya tidak menyertakan tagihan dan dibayar terpisah sesuai pemakaian.

Saya sendiri sudah dapat tempatnya yang menurut saya cukup bagus. Biaya untuk sebulan cukup terjangkau, namun yang menjadi masalah adalah di waktu pembayarannya. Ibu kostnya bilang kalau mereka pukul rata untuk pembayaran dilakukan bulan Mei setiap tahunnya, sedangkan saya mulai libur sekitar pertengahan Mei dan baru balik akhir Juli. Jadi ada kemungkinan saya baru bisa menempati kamar kostnya di Agustus.

Kata mama saya sih, sayang aja kalau bayarnya dari bulan Mei. Soalnya kan saya musti balik dulu nih dari Mei. Tentu lama liburannya, tiga bulanan. Makanya itu mama saya malah marah-marah begitu tahu waktu pembayarannya musti setiap bulan Mei. Padahal kalau saya lihat sih, kostnya sendiri masih dibangun dan baru selesai bulan April. Bagus sih, cuma ya itu tadi yang bikin ribet, masalah pembayaran. Mama saya bilang kalau kakak saya dulu pas ngekost bisa kok diatur jadwal pembayarannya mulai dari kapan, masa yang ini nggak?

Sementara saya masih kelihatannya belum oke sama mama dan ibu kost yang sudah terlanjur saya bilang mau bayar DP, saya malah dapat satu tempat kost yang kurang lebih sama juga dengan kost yang tadi, cuma ukuran kostnya 3,5 x 3,5 m dan kamar mandinya digabung sama kamar kost. Bayarnya juga hampir samaan dengan kost yang tadi, dan ini bisa dibayar kalau penghuni kostnya pada mau keluar sekitaran Juni-Juli. Saya prefer Juli-Agustus, jadi seharusnya bisa sih kalau mau di sana. Semoga aja saya bisa dapat di kostan (yang baru saya temukan setelah perbincangan yang agak ribet dengan ibu kost yang bangunan kostnya hampir mau selesai dibangun).

Advertisements

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s