Tidak Memilih

Tidak Memilih

Keputusan Presiden RI Nomor 25 Tahun 2015 telah menetapkan bahwa hari ini, 9 Desember 2015, dinyatakan sebagai hari pilkada (pemilihan kepala daerah) secara nasional. Ada 269 daerah yang tersebar di seluruh Indonesia menyelenggarakan pilkada, termasuk Kabupaten Bandung tempat tinggal saya sekarang. Walau demikian, masih banyak juga yang menerapkan hari pilkada tidak pada 9 Desember 2015.

Mengingat saya sekarang sudah tinggal di luar daerah asal saya, Kota Medan, maka tidak ada pilihan lain selain memilih untuk golput untuk saat ini. Mengapa?

Ada beberapa hal yang menjadikan saya tidak memilih satu kepala daerah untuk tahun ini dan untuk tahun-tahun selanjutnya jika saya berada di luar daerah asal saya. Beberapa hal tersebut adalah:

  1. Saya nggak punya bukti yang diperlukan untuk memilih, yaitu surat A5. Untuk mendapatkannya saya harus pulang ke Medan dan mengurus surat tersebut sampai tuntas, baru balik lagi ke Bandung. Tentunya ini merepotkan dari segi waktu dan uang tiket pergi-pulang Medan-Bandung.
  2. Saya nggak tahu persis bagaimana karakteristik calon kepala daerah tersebut. Sudah sewajarnya masyarakat harus mengenal calon kepala daerah yang akan dipilihnya, namun apakah semudah itu untuk mengenal mereka dalam waktu kurang dari enam bulan? Saya rasa tidak. Bisa saja mereka dapat berubah sewaktu-waktu, bukan?
  3. Ada kesibukan yang membuat saya tidak bisa ikut memilih calon kepala daerah di tempat tinggal saya sekarang.

Kira-kira begitulah alasan mengapa saya tidak memilih, untuk saat ini dan untuk seterusnya.

2 thoughts on “Tidak Memilih

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

