Mengenal Sunda dalam Open Mind UKM Sawanda Sunda Tel-U

Selepas seharian tidur melulu melepas lelah dan tidak ada aktivitas apapun di penghujung malam Minggu kali ini, akhirnya saya memutuskan untuk ikut acara open mindnya UKM Sawanda Sunda Telkom University berkat saran dari teman sepeleton (baca: teman seangkatan ospek).

Open mind itu sendiri apa?

Open mind itu seperti acara pengenalan UKM itu sendiri. Sebenarnya ada tiga macam tahap UKM mengenalkan diri mereka: open mind, yaitu acara pengenalan dengan serangkaian aktivitas; open house, acara pengenalan disertai product showcase; dan open recruitment, tahap di mana secara terang-terangan mengajak mahasiswa untuk menjadi anggota baru di UKM tersebut.

Saya sendiri masih buta dengan aktivitas-aktivitas UKM yang ada di Telkom University. Jadi daripada bosan duduk di kamar, entah mau melakukan apa, mending saya ikut saja ke acara open mindnya. Lumayan, dapat makanan ringan khas gratis.

Acaranya sendiri nggak begitu ramai ya, mungkin karena kurang tertarik ingin tahu UKM ini kali ya? Begitu saya mau masuk, saya ditanyai mau ke mana. Saya jawab dong mau lihat open mindnya UKM Sawanda. Kakak senior yang duduk-duduk di depan pintu masuk pun mempersilakan saya masuk.

Di pintu masuk, saya disuguhi satu tiket undian, yang ternyata itu tiket undian UNTUK MAJU KE DEPAN. Oh shit. Tapi untungnya saya nggak kedapatan jatah maju, hahahahaha. Sebelum saya masuk, saya diberi kesempatan foto di stage pintu masuk.

IMG_20150829_191537
Apaan, fotonya kabur gini difoto senior.

Pas di dalam, eh, benar saja. Ada makanan ringan khasnya. Ada kayak klepon begitu, terus ada cendol, ada rengginang, dan macam-macam lagi deh makanan yang disediakan. Saya mencoba mengambil hampir semua jenis makanan yang ada, dan benar saja, saya direpeti kakak senior. Hahahaha.

IMG_20150829_191621_HDR
Banyaknya, untuk tempat duduk jumlah sedikit.

Langsung saja saya mengambil tempat duduk setelah mengambil makanan ringan. Kebetulan teman sepeleton saya berada di posisi paling depan sebelah kiri. Saya duduk persis di sebelah kanan mereka.

Acara dimulai dengan pembukaan permainan alat musik. Kemudian setelah itu ada sedikit ucap kata dari MC, yang notabene ngomongnya Sunda melulu. Alhasil kami-kami yang non-Sunda malah geleng-geleng mendengarkannya sampai akhir.

IMG_20150829_192308

Dilanjut dengan tari tradisional yang saya sendiri masih nggak tahu itu tarian apa. Lalu disusul dengan tari jaipong. Dan kemudian acara disambung dengan penampilan dari empat orang memainkan kendang dengan kocak.

Menurut saya pribadi sih, eks– eh, maksudnya UKM ini eksotis banget dilihat dari penampilannya. Soalnya yah maklum lah, saya masih kurang dekat banget dengan warisan lokal yang sebenarnya kaya banget di seluruh Indonesia ini, tapi justru keberadaannya malah ditakutkan karena keeksotisannya membawa kepada kepunahan akibat kurangnya dilestarikan generasi muda, termasuk saya sendiri (heheh).

IMG_20150829_193742

Acara juga diselingi dengan nyanyi dan menari oleh rekan-rekan yang dipilih berdasarkan nomor undi, dan ada juga yang ditarik langsung. Disambung dengan penampilan nyanyian oleh sekawanan pemusik band(?).

Pas mereka tampil, saya baru sadar. SAYA LUPA AMBIL PAKAIAN DI LAUNDRY. Dan waktu sudah menunjukkan pukul 9 malam. Laundry sudah tutup begitu saya sampai di sana.

Apes sudah. Rencana menikmati acara malah buyar begitu baru sadar akan laundry. Tapi tetap kok, open mind UKM Sunda ini enak untuk dinikmati baik dari kalangan urang Sunda sendiri maupun non-Sunda yang ingin tahu akan budayanya orang Sunda.

5 thoughts on “Mengenal Sunda dalam Open Mind UKM Sawanda Sunda Tel-U

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

