Lima tahun bersama Indonesian Steam Community: mengawali tahun 2015 dengan survei, giveaway, dan meninjau saran dan harapan dari kalian (+ hasil voting, jawaban survei yang kocak-kocak, dan pengumuman pemenang giveaway!)

316af4w

Tanpa terasa, Indonesian Steam Community, sebuah grup komunitas di Steam yang menjunjung tinggi asas gamer dengan tidak melupakan asas kekeluargaan dan asas kebersamaan, sudah menginjak usia yang kelima.

Saya bersyukur sekali kepada Tuhan YME, karena-Nya tanpa dukungan spiritual dari Beliau, tidak mungkin Indonesian Steam Community menjadi sebesar ini.

Saya juga berterima kasih kepada rekan-rekan sejawat yang ikut menopang dalam fondasi komunitas.

Tak lupa juga kepada seluruh anggota yang telah bergabung ke dalam Indonesian Steam Community, baik itu secara kesadaran sendiri maupun atas ajakan kawan-kawan, saya berterima kasih pada kalian yang telah mewarnai komunitas beserta grup dengan penuh warna dan suka cita.


Bermula dari sebuah awal yang dirasa belaka, Indonesian Steam Community berawal dari sebuah grup kecil di Steam, berfokus pada regional, dan masih bernama Indonesian Gamers [ID] (sampai sekarang, tidak bisa diganti karena tidak ada opsi untuk menggantinya). Grup yang menjadi wadah bagi pengguna Steam dari Indonesia. Segala juang perih dilalui untuk mengumpulkan para pengguna Steam dari Indonesia yang belum terhubung, dan juga mengkampanyekan kepada gamer yang belum terbiasa bermain game original, agar menggunakan Steam.

Semenjak Steam gencar melakukan pergerakan kepada para gamer yang masih berkutat dengan game bajakannya, mulailah tampak perkembangan pesat, terutama gamer-gamer Indonesia yang masih menggunakan game bajakan. Hal ini berdampak amat besar kepada grup komunitas yang semakin lama semakin ramai.

Terhitung mulai akhir Desember 2014, grup komunitas Indonesian Steam Community sudah dihuni oleh 10 ribu anggota. Jumlah anggota yang sudah mengisi sensus kurang lebih sekitar satu ribu orang. Per awal Januari 2015 ini, laman Facebook Indonesian Steam Community sudah disukai oleh sekitar 2,6 ribu orang, dan Twitter kita sudah diikuti oleh sekitar 900 anggota.


Menjelang akhir tahun, sebelumnya saya sudah berjanji untuk dua hal: membuat kaleidoskop – apa saja yang sudah dicapai/diraih oleh komunitas selama setahun – untuk tahun 2014, dan juga survei di akhir tahun – jajak pendapat yang diadakan oleh kami untuk mengetahui bagaimana pandangan para anggota terhadap komunitas yang kami bangun dan apa yang diharapkan oleh mereka untuk membangun komunitas yang lebih baik.

Karena saat itu saya tidak mendapati seseorang yang andal dalam membuat kaleidoskop dalam bentuk digital printing, maka rencana kaleidoskop ditangguhkan, dan berujung kepada ditiadakan. Saya pribadi, konon tidak mencatat rekor apa saja yang sudah dicapai oleh komunitas sendiri selama setahun. Akan tetapi, untuk pelaksanaan survei tetap akan dilaksanakan dengan pasti walaupun jadwal sedikit mundur dari yang diharapkan.

Survei yang diadakan, seperti biasanya, menyangkut tentang bagaimana kesan para anggota terhadap komunitas yang digandrungi oleh mereka, pendapat mereka tentang komunitas dan media sosial yang dikendalikan oleh komunitas, serta apa yang perlu dikembangkan lagi ke depannya di dalam komunitas. Tak hanya itu, dalam survei juga diadakan voting untuk admin-adminnya yang merasa pantas untuk disandingkan dengan nominasi-nominasi yang sudah disediakan. Survei ini saya jalankan diiringi dengan giveaway untuk memperingati ulang tahun Indonesian Steam Community yang kelima.


Untuk pertama kalinya, giveaway kali ini bisa berjalan dengan dilengkapi gambar dari coretan seorang freelancer designer yang saya kenal. Sekitar satu minggu sebelum tahun baru, saya mencoba menghubungi salah seorang kenalan freelancer designer di daftar pertemanan Steam saya dan meminta bantuan untuk dibuatkan gambar bertema giveaway yang dilengkapi dengan survei sebagai salah satu syarat untuk mengikuti. Dan alhamdulillah, beliau menerima.

Giveaway ini dimulai dari tanggal 30 Desember 2014, dan ditutup tanggal 3 Januari 2014. Setelah saya mengirimkan kiriman gambar giveaway ini di Twitter, Facebook, dan Steam, ternyata respons yang didapat banyak, terutama di Facebook. Yah, walaupun tidak sebanyak laman penggemar tetangga yang sudah lebih tenar dahulu, tapi untuk statistik yang menunjukkan sekitar 270 jempol, sekitar 260 kiriman telah dibagikan, sekitar 50 komentar, dan jumlah capaian kiriman telah dilihat sekitar 15 ribu, setidaknya berkat kiriman tersebut,membantu laman komunitas di Facebook, Twitter, dan grup komunitas di Steam menjadi lebih berkembang.


Per 3 Januari 2014, survei mencatat sudah 417 orang yang mengisi. Ada 14 entri di antaranya saya lengserkan karena entri bersifat kosong, tidak sesuai standar yang ditulis di syarat dan ketentuan giveaway, dan entri tersebut merupakan duplikat dari yang sudah pernah memasukkan entri sebelumnya.

Ada satu hal yang luput dari perhatian saat saya membuat aturan survei dalam giveaaway, bahwa saya lupa untuk mencantumkan aturan untuk tidak memasukkan entri lebih dari satu kali. Padahal di giveaway-giveaway sebelumnya, saya tak jarang memasukkan aturan tersebut ke dalam giveaway. Mungkin karena saya terlalu sering menggunakan bentuk giveaway dari sebelumnya, sampai saya akhirnya lupa untuk memasukkan aturan dasar yang sangat penting itu. Ah, tapi tak mengapa. Saya sudah mempersiapkan angka marginal errornya untuk itu.


Karena waktu giveaway dan surveinya sudah selesai, maka sekarang saatnya mari kita bahas mengenai statistik, siapa yang berhak mendapatkan nominasi voting admin, pairing manakah yang menjadi juara, dan tentu saja kami tanggapi saran dan masukan dari kalian semua.

1

Sejauh ini, saya melihat lebih banyak anggota yang sudah banyak bergabung di komunitas lebih lama. Bisa Anda lihat, seperempatnya merupakan anggota baru (yang baru saja bergabung saat acara ini berlangsung). Walaupun demikian, jika dibandingkan dengan jumlah anggota di grup, Facebook, dan Twitter, persentase yang ikut survei ini hanya 3,06% dari keseluruhan. Angka yang sangat sedikit. Tapi ya sudahlah, ke depannya semoga angkanya bisa menjadi lebih banyak. Amin.

2

Admin paling arogan? Berdasarkan polling, saya menempati urutan pertama. Saya merasa bahwa saya tidak terlalu arogan, akan tetapi karena terpengaruh dari lingkungan chatroom, saya mungkin terkesan arogan di mata kalian. Kalau boleh jujur nih, dari admin-adminnya yang saya kenal, 5 dari 12 orang admin tidak tampak arogan. Dan itu semua memiliki persentase yang kecil, ambil patokannya di lima admin dari bawah.

3

Nah, admin paling ramah. Lagi-lagi saya yang terpilih.

Ya, kalau dibilang ramah sih… tergantung kondisi lah. Paling sering kalau lagi tidak diajak ribut, saya layani. Tapi apabila saya ada masalah, sifat ramah saya bisa hilang saat itu.

s4nji, seperti yang Anda lihat menempati urutan kedua, saya akui ramah juga. Cuma, hati-hati, kalau Anda memang benar-benar tidak tahu apa-apa, jangan terlalu bertanya sama dia. Atau Anda bisa kena amukan marahnya.

Selebihnya untuk kategori admin ramah, saya pribadi juga memilih GG.Sunshiners dan XIGORAPY sebagai alternatif lain.

4

Admin paling pelit? Saya lagi yang pertama.

Mengingat soal pelit dan tidaknya, itu kan relatif. Menurut saya sendiri, seseorang bisa pelit karena ada batasannya. Mungkin karena kondisi finansial berbanding terbalik dengan jumlah anggota yang sering mengharapkan game gratis, sehingga orang tersebut bisa pelit.

Dan sejujurnya hampir semua admin yang ada memiliki sedikit rasa pelit. Kecuali kalau memang jarang banget giveaway, bagi-bagi, dan semacamnya, terus cuma berharap game gratis dari giveaway yang ada, bisa dikategorikan pelit tuh. Hihihihi.

5

Admin paling bijak nih. Sumatran lagi yang pertama.

Saya cuma bilang, terima kasih buat yang menobatkan saya sebagai admin yang paling bijak. Meskipun begitu, masih ada yang lebih bijak di atas saya.

6

Admin paliiiiiiiiiiiiiiing baiiiiiiiiiiiiiiik. Sumatran lagi. Sementara s4nji berada di urutan kedua. GG.Sunshiners mendapat peringkat ketiga.

Untuk bagian ini, saya rasa sudah jelas deh. lalu kegeeran saking baiknya

7

Admin paling pengertian, jatuh lagi pemenangnya atas nama saya.

Posisi kedua ditempati oleh s4nji (ya, saya rasa beliau juga cukup pantas memegang predikat admin pengertian), dan… posisi ketiga… jatuh kepada HollowDavin? Admin konyol, tapi pengertian? Mungkin GG.Sunshiners atau XIGORAPY cocok untuk menggantikan posisi ketiga, namun sayangnya nilai voting mereka jauh lebih sedikit.

8

Admin paling rusuh. Saya lagi. Aduh!

Sebenarnya, saya kalau rusuh itu pas orang lain rusuh. Jadi saya cuma ikut-ikutan saja. Yang cocok rusuh itu, HollowDavin (peringkat ketiga), trckz (peringkat keempat), diikuti dengan lainnya. Untuk BadKind yang menempati urutan kedua, saya rasa beliau kurang pantas mendapatkan predikat rusuh karena perawakannya yang santai.

9

Admin paling gila? Saya lagi. Eurgh…

Disusul oleh… BadKind, yang mana saya rasa juga kurang pantas karena, ya, bawaan dirinya yang santai tapi tegas. Dan diikuti oleh HollowDavin.

10

Admin paling teliti? Saya… lagi. ((( capek )))

Saya mah apa atuh. Saya manusia biasa (halah). Tapi iya deh, s4nji di bawah saya malah bisa lebih teliti dan lebih kritis menanggapi dan memahami sesuatu dibandingkan dengan saya, yang, aduh, cuma member berstatus founder saja.

Untuk yang lain, saya rasa semua juga memiliki rasa ketelitian yang berbeda-beda pula.

11

Admin paling favorit!?!? Sumatran juga! (( tepuk tangan )))

Saya maunya sedikit berbeda, berharap s4nji yang dapat. Eh, waktu semakin berlalu, dan saya menggeser posisi dia yang semula pertama. Ya begitu deh.

Terima kasih buat kalian semua yang sudah memilih saya menjadi admin favorit :’)

12

Pairing favorit? Ah ini nggak usah dibahas ya. Cuma untuk konsumsi admin fujoshi dan kawan-kawannya saja.

13

Ya ampun. Hari ini masih ada yang belum pantau linimasa Facebook dan Twitter komunitas kita? Capek deh.

14

Untuk yang memilih kurang aktif, benar banget. Kiriman kita masih jauh kalah tenar dari laman Facebook dan akun Twitter lainnya. Untuk yang memilih cukup aktif dan sangat aktif, terima kasih banyak karena sudah memantau akun media sosial kita.

15

Untuk konten yang perlu diperbanyak di medsos komunitas kita, sepertinya kita akan lebih fokus ke rekomendasi game-game di Steam yang cocok dan enak untuk dimainkan, potongan harga game Steam, dan tips dan trik penting untuk memperkaya penggunaan Steam. Kita juga tidak akan melupakan kok untuk konten-konten lainnya, karena hal-hal tersebut juga penting.

Bagi yang menjawab ‘lain-lain’, saya juga akan membahasnya sebagian besar satu per satu di sini.

  • Bikin Youtube gaming channel,, atau twitch, jadi bisa menarik minat gamers yg bajakan buat beli yang original!
    • Kita sudah punya channel Youtube dan Twitch kok. Sayangnya untuk saat ini belum dimaksimalkan. Untuk ke depannya akan kita rombak besar-besaran 🙂
  • Gameplay multiplayer/pvp, komentatornya yang kocak
  • Berita game trending/yg akan datang diperbanyak.
  • Kurang sering post nya, lebih bagus kalo setiap ada deals, news baru langsung di post ke fanspage
    • Ke depannya kami akan lebih sering lagi mengirimkan berita dan deal terbaru.

16

Nah, mengenai pandangan pertama nih. Ternyata merata juga ya.

Soal penghuninya ramah… jangan tanya deh kalau di chatroom bagaimana. Kecuali kalau Anda sudah pernah bergabung dan sering mengobrol di chatroom, bisa Anda rasakan sendiri hahaha.

Bagi yang menjawab ‘lain-lain’, saya juga akan membahasnya sebagian besar satu per satu di sini.

  • adminnya wibu-wibu
    • Saya nggak wibu 🙂
  • Agak sedikit kaku
    • Maaf ya kalau merasa demikian. Untuk ke depannya kita bakal lebih renggang lagi.
  • Ada siraman rohani
    • Untuk sekarang sih ditangguhkan dulu karena suatu alasan.
  • Chatnya sering sepi
  • walaupun anggota banyak tapi komunitas rasanya terlalu sepi
  • Awalnya cukup sepi, ternyata rame WKWK
    • Memang khasnya begitu. Kalau Anda mau mengobrol, silakan saja. Tapi ya kalau belum ada yang jawab, mungkin orangnya lagi sibuk main atau tidak ada di tempat. Harap dimaklumi.
  • terlalu vulgar :v
    • Tidak juga.
  • anggotanya orang Indonesia
    • Ya iyalah. Tapi tidak semua kok. Ada yang dari pendatang/luar.
  • di ajak teman
    • Berterima kasihlah kepada temanmu.
  • Kelihatannya menarik
    • Ayo ikut bepartisipasi 🙂
  • Keren, untuk mengumpulkan gamers gamers indonesia dari sabang sampai merauke
    • Terima kasih.
  • Komunitas yang aktif, dan saling membantu
    • Ditunggu kontribusi Anda 🙂
  • Komunitasnya rapih, tidak seperti dibuat asal-asalan
    • Terima kasih.
  • Mampu memfokuskan diri pada Legit (No Bajakan).
    • Tujuan kami memang fokus kepada kampanye pemakaian game original. Mohon didukung ya.
  • Baru gabung di dunia steam dan baru join IDNSteam
    • Terima kasih sudah bergabung. Ditunggu partisipasinya dalam komunitas.
  • Seru aja gitu. 1 Grup isinya Ori User yang sangat jarang ditemui di Indonesia
    • Suatu hal yang tidak biasa ya? Sudah seharusnya kita dukung gerakan seperti ini.
  • ORANGNYA GILA SEMUA
    • ah, masa si mz?
  • FOUNDERNYA GABUT WOEEE //oi
    • Wah, kok tahu saya gabut?
  • ya bisa curhat curhat dah
  • Random, but ok. Tempat yang baik untuk cari “virtual friend”
    • Terima kasih atas pandangan pertamanya.
  • Salah satu yang terkenal di steam di indo
  • saya sudah lama ikut, komunitas kita kurang lebih aktif
  • Seru di dalam grup chat
  • Sumatran ganteng
    • Terima kasih.
  • terlalu banyak yang bertanya soal bisa atau enggak komputer/pc-nya bisa maen game blablabla
    • Harap dimaklumi untuk yang masih awam ingin bermain game di PCnya.

17

Nah, selanjutnya untuk bagian alasan dari kalian, mengapa ingin bergabung di komunitas kita. Sepertinya sudah jelas ya.

Bagi yang menjawab ‘lain-lain’, saya juga akan membahasnya sebagian besar satu per satu di sini.

  • Ada Sumatran kyahhh
    • Kyah.
  • Bergabung sesama gamers Indonesia
  • Buat Nyari temen yang bisa diajak main bareng gitulah..
  • cari jodoh huehue
    • Cie, cari jodoh. Sudah dapat belum?
  • diajak teman steam katanya seru
  • Dulu pas MW2 release buat nyari temen..terus sekarang juga masih untuk mencari teman.
    • Dulu, awal saya buat grup komunitas ini juga sepikiran sama Anda.
  • Menuh-menuhin Group :v
    • Awas mledug.
  • dapet kfc walaupun kecil pas gath wkwkkw
    • Jangan ungkit-ungkit gathering pertama di Jakarta, hahahahaha.
  • Finding bae.
  • memperluas lingkup aja 🙂
  • Saling diskusi mengenai game
  • saya ingin mencinta dan dicintai
    • Siapa namanya mas/mbak?
  • saya pengguna steam sejak 3 tahun yang lalu. dan memang cari temen sesama pengguna staem di indo
  • sebgai informasi tentu beserta give away 😀
  • semua jawaban benar
    • Nilai Anda seratus!
  • Untuk keperluan bermain game (Beli Game,walkthrough,server,trading) dan pastinya mengincar giveaway
  • Untuk mencari informasi tentang Steam, khususnya di Indonesia
  • ya karena ingin mencari teman giveaway dan lain lain

18

Daaaaaan, terakhir. Hal-hal baru yang kalian ingin tagih dari kami di tahun 2015.

Hmm, situs portal berita dan forum ya. Secepatnya kami akan buat, tapi untuk soal waktunya kapan, kami belum bisa pastikan kapan ya.

Acara diperbanyak… oke deh. Diusahakan. Aamiin.

Pembuatan pernak-pernik dan kartu anggota.. ini juga diusahakan secepatnya ya.

Pembaruan radio komunitas dan pembukaan lowongan di komunitas juga akan kami usahakan ada ya. Harap menunggu dengan sabar 🙂

Bagi yang menjawab ‘lain-lain’, saya juga akan membahasnya sebagian besar satu per satu di sini.

  • ya lebih ekspansi anggota la. lebih netapin pengurus diberbagai daerah/kota
    • Masukannya akan kami pertimbangkan.
  • Review game dan tanggapan mengenai update dari game-game yang ada di steam
  • asupan homo
    • ini pasti mb-mb fujo
  • diperkuat ikatan cinta diantara kita
    • siapa pacarnya mz?
  • Emir pacaran sama Sanji
    • OH MY GOD!
  • event main bareng antar anggota
  • fanspage lebih aktif posting nya, lebih di manage
  • GIVEAWAY PS 4 WOOOWWW :’v
    • Steambox dong.
  • giveaway tanpa melalui survey / komeptisi 😀
    • Diperbanyak ya? Oke.
  • Lebih aktif lagi grup / medsos nya + perbanyak event2. gitu aja sih
  • lebih engga gajes amin
  • Makan makan di LEsehan :PD
    • Itu pas di gathering ya 🙂
  • semacam mabar dan event2 yang rutin
  • semoga grup ini lebih banyak membahas soal review game
  • makin seru dan bersahabat
    • Seru, pasti. Bersahabat, lebih pasti lagi!
  • mengadakan event e-sport secara resmi.
    • Aamiin!
  • Menjadikan komunitas ini lebih aktif dalam berbagai hal dan mengadakan event2 tertentu untuk mendekatkan hubungan sesama anggota
  • Bikin Game Biar Greget
    • Nanti kita buat kampanye bikin game. Anda juga ikut dong!
  • adain turnament dota 2 :3
    • Tahun lalu sih sudah. Semoga tahun ini lebih banyak ya.
  • Jadwal main bareng
    • Wah, belum tentu bisa banyak yang main. Tapi ini dipertimbangkan dulu ya.
  • TEAM SPEAK
    • Buat mengobrol lewat voice chat? Usul Anda dipertimbangkan dulu ya.
  • taun depan polling nggak usah pake voting admin (honest opinion)
    • Wah, tidak bisa begitu juga. Soalnya dengan begitu, Anda juga kurang dekat sama adminnya kan? Makanya, kenalan lebih dekat dong. Ikut mengobrol, masuk chatroom.
  • Situs Sebagai Portal Berita/Forum & Kartu Anggota
  • Sumatran jangan gondrong
    • Barusan ganti potongan rambut dan sudah dishave kok.
  • tambah review game dari From Software
  • Tambahan Event
  • yang terbaik pokoknya 🙂

Dan juga, di postingan ini, saya ingin mengumumkan hasil pemenang giveaway ulang tahun kita. Sudah penasaran kan siapa saja yang menang? Apakah Anda termasuk salah satunya? Yuk disimak gambar di bawah ini…

2zsqn82

Selamat ya buat para pemenang. Harap dicek surel/emailnya masing-masing untuk mendapatkan game Steamnya. Untuk mendapatkan hadiah gamenya: buka surelnya, klik ‘Yes, I have Steam now’ dan ikuti petunjuk selanjutnya. Apabila dalam waktu 3 x 24 jam tidak diterima, maka hadiahnya dianggap gugur.


Terima kasih sudah membaca seluruh teks yang ada di atas. Terima kasih sudah bergabung ke dalam komunitas Indonesian Steam Community. Tanpa kalian, komunitas kita rasanya ada yang kurang karena kurang hidup dan kurang bermakna.

Menjelang akhir tahun dan memasuki awal tahun yang baru ini, memang banyak sekali acara-acara giveaway, terutama giveaway dari anggota-anggota kita dan arisan giveaway. Sempat menuai kontroversi, terutama dalam arisan giveaway sendiri yang konon banyak yang di antara kita salah kaprah dalam mengartikannya. Saya sempat dituduh sebagai pelaku pemerasan uang secara tidak langsung oleh mereka, namun demikian saya tetap melaksanakan janji saya, dengan tetap memberi giveaway kepada yang telah mengikuti. Saya salut dan berterima kasih kepada kalian semua yang sudah memberikan harapan besar, dengan masih mengikuti giveaway yang diberikan. Semoga, ke depannya, giveaway yang diberikan jauh lebih banyak dan banyak yang dapat. Aamiin.


Pesan akhir dari saya sih tidak banyak-banyak. Mengingat saya masih berstatus pelajar SMA kelas XII. Iya, saya masih anak SMA. Saya buat komunitas ini sewaktu saya masih kelas VII SMP semester dua. Lima tahun kemudian, tak disangka-sangka jumlah anggota komunitas sudah mencapai lebih dari sepuluh ribu anggota.

Nah, karena status saya berada di masa akhir SMA, maka untuk selama beberapa bulan saya akan vakum dari daring/online. Itu berarti saya tidak akan hadir lagi di Facebook, di Twitter, apalagi di Steam. Dan tentu saja saya akan vakum dari mengembangkan komunitas ini menjadi lebih besar selama sekitar enam bulan. Karena, dalam waktu lebih kurang tiga bulan ini, saya memutuskan untuk fokus mempersiapkan diri untuk SBMPTN agar bisa masuk ke perguruan tinggi negeri yang saya ingin tuju, yaitu STEI ITB. Jadi, buat semua yang membaca ini, saya mohon doa-doanya dari kalian supaya saya bisa lulus SBMPTN dan masuk di perguruan tinggi negeri yang saya idam-idamkan. Aamiin.

Tenang saja, mungkin setelah saya lulus, saya berjanji akan mengembangkan komunitas ini pelan-pelan.

Akhir kata, terima kasih banyak kepada kalian semua. Semoga di tahun 2015 ini kalian menjalani hidup dengan tujuan dan semangat baru, serta resolusi kalian sedikit demi sedikit tercapai. Aamiin!

Advertisements

4 thoughts on “Lima tahun bersama Indonesian Steam Community: mengawali tahun 2015 dengan survei, giveaway, dan meninjau saran dan harapan dari kalian (+ hasil voting, jawaban survei yang kocak-kocak, dan pengumuman pemenang giveaway!)

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s