Kaget, ada cicak tidur di gelas bekas kopi

Beberapa hari yang lalu, saya menuangkan kopi bubuk dan gula, lalu mencampurkannya dengan air panas di dalam gelas yang saya dapatkan saat saya membuka rekening tabungan di mobil van bank di sekolah seminggu sebelum mulainya Festival of Smansa. Gelas berisi air kopi itu lalu saya minum. Usai minum, saya taruh di meja kamar. Saya biarkan gelasnya dalam keadaan bekas begitu saja.

Tepat malam kemarin, saya baru tersadar, setelah dilihat-lihat gelas itu belum ada tersentuh sama sekali oleh saya. Saya perhatikan, ternyata saya melihat ada sesuatu yang aneh. Persis di dekat sendok, saya melihat… cicak. Ya, cicak. Hewan yang dapat mengecoh lawannya dengan memutuskan ekornya.

Saya coba menggerakkan sendok. Eh, cicaknya masih bergerak. Entah bagaimana caranya seekor cicak bisa menginap dan tidur di gelas sisa kopi yang masih ada sendoknya. Saya heran.

Saya masih nggak yakin cicaknya masih hidup, jadi saya bawa saja gelasnya ke kamar mandi. Saya sirami gelasnya dengan air sampai penuh. Rupanya, setelah gelasnya disiram, cicaknya kewalahan untuk keluar dari gelas. Saya pelan-pelan menyiram gelasnya dengan air sampai penuh. Barulah saat penuh, cicaknya keluar dari gelas dan pergi kabur melarikan diri.

Ironisnya, mengapa seekor cicak bisa masuk ke dalam gelas, sementara dia enggak bisa keluar dari gelas tersebut?

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

