Ketika mengambil uang di ATM, tapi enggak tahu PIN

Sumpah ini goblok banget.

Dua minggu lalu, saya berniat membuka rekening bank. Dua hari kemudian, saya dapet tuh kartu ATM. Tapi ya saking kegirangannya saya, sampai lupa minta nomor PIN ATMnya. Eh, nomor PIN ATMnya harusnya dikasih pegawai banknya kan? Atau jangan-jangan nomor PINnya tetap di awal? 6 angka? Dari 1 sampai 6?

Kalau enggak default, harusnya dikasih gitu kan ya. Lah, ini enggak dikasih. Dan saya enggak dikasih tahu. Dan saya pun cuek aja. Dan mereka pun enggak bilang. Alamak.

Kemarin, saya coba ambil uang saya di ATM. Dengan bermodalkan kartu ATM dan buku tabungan, saya masuk aja ke bank cabang. Terus saya coba masukkin kartunya ke ATM. Terus saya coba ketik PINnya.

Dan, ternyata PINnya salah. Eh, sebenarnya PINnya 4 atau 6 angka, saya sendiri juga enggak tahu. Saya nekad coba asal-asalan lagi sekali lagi. Gagal.

Daripada kena blokir, saya cabut aja kartunya. Terus saya keluar dari kantor bank cabang, lalu saya pergi meninggalkan tempat itu.

Hadeh…

Yang menjadi pertanyaan saya sekarang ini: setelah buka rekening bank, itu PIN ATMnya default atau dikasih randomized dari pegawai banknya? Sebelum saya musti pergi lagi ke kantor bank cabang asal, seperti tertera di buku tabungan.

2 thoughts on “Ketika mengambil uang di ATM, tapi enggak tahu PIN

  1. seinget ane kalo bikin kartu atm mah ntar dapet pin random yang ada didalam surat pas penyerahan kartu. lalu pin itu silahkan diganti dengan pin yang diingan. cmiiw

    1. Nah itu dia. Ini cuman dikasih kertas yang berisi kartunya doang. Sementara amplop (dan mungkin masih ada isi kertasnya) disimpen. Entahlah, tapi di kertasnya juga enggak dicantumin PIN. Makanya saya rada bingung.

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

