Memperkenalkan Sebangsa, jejaring sosial anak bangsa berbasis layanan publik

tumblr_static_b6i90rf7od4co4cosog8c8s40

Sebagai netizen, kita pasti sudah memiliki yang namanya akun jejaring sosial. Mulai dari awalnya akun Myspace, lalu berkembang dengan memiliki akun Friendster, lalu Plurk, Facebook, Twitter, dan berbagai macam jejaring sosial lainnya.

PT Sebangsa Bersama, perusahaan yang dirintis ahli-ahli industri, kini telah membuat sebuah inovasi baru di jejaring sosial bernama Sebangsa. Sebangsa berfungsi tidak hanya sebagai jejaring sosial pada umumnya, tetapi juga berusaha memenuhi kriteria menjadi basis layanan masyarakat Indonesia secara penuh.

Sebangsa memiliki beberapa fitur unggulan yang dapat membantu kita, masyarakat Indonesia, dalam berinteraksi dengan sesama pengguna jejaring sosial, komunitas, dan juga layanan masyarakat.

Eksklusivitas pendaftaran; mendaftar menggunakan akun Twitter

20141109090742432

Mungkin ada sedikit keterbatasan bagi para non-pengguna Twitter dalam menggunakan Sebangsa, tapi begitulah konsep yang diterapkan dari jejaring sosial yang baru beberapa hari ini diluncurkan. Alasannya supaya pengguna Twitter dapat mempertahankan nama pengguna yang sudah dimilikinya saat ini, dan mendaftar di jejaring sosial yang sama dengan menggunakan nama pengguna yang sama.

Saran saya: sebaiknya di Twitter pilihlah nama pengguna yang benar-benar cocok sebelum mendaftar di Sebangsa, agar tidak terjadi salah nama di pemilihan nama pengguna..

Interaksi dalam linimasa

20141109115505336

Setelah mendaftar, kamu bisa melihat secara langsung linimasa Sebangsa yang cukup familiar. Hal ini dapat saya simpulkan, bahwa Sebangsa mengambil padanan linimasanya dari Twitter dan Google+.

Jika kamu lihat cuplikan foto di atas, mungkin tidaklah begitu asing dengan kolom pesan di atas daftar linimasa, tagar favorit, tab linimasa, dan bagian linimasa yang diatur sedemikian rupa mirip dengan Twitter. Sedangkan grup mengikuti kaidah di Google+.

Interaksi dalam kiriman di Sebangsa pun juga dikhususkan lebih interaktif dari jejaring sosial lainnya. Kamu bisa memilih aksi/tindakan di suatu kiriman, dengan bahasa Indonesia yang leih pas . Seperti ‘komentar’ menjadi ‘tanggapan’, ‘suka’ menjadi ‘dukung’, ‘tidak suka’ menjadi ‘sanggah’, dan sebagainya.

Peluncur, fitur yang merangkum pintasan semua fitur

20141109115513182

Bingung mencari pintasan fitur-fitur di Sebangsa? Nggak tahu bagaimana membuat pintasan supaya bisa menggunakan jejaring sosial Sebangsa dengan efisien?

Dengan fitur peluncur, kamu enggak perlu repot-repot lagi. Cukup klik simbol roket di pojok kanan atas, dan lalu sebuah jendela berisi pintasan-pintasan akan muncul.

Di peluncur, kamu juga bisa membuat pintasan sendiri dengan mengklik ‘Tambah Peluncur’.

Layanan nasional dengan fitur layanan masyarakat

2014110911555106

20141109115538269

Inilah yang menjadi fitur utama di Sebangsa. Adanya layanan nasional yang membantu keseharian dan kesenjangan hidup kamu.

Sebangsa menghadirkan Sebangsa911 dan Sebangsa1800. Sebangsa911 berfungsi untuk kamu yang sedang merasa tidak aman, dalam kondisi darurat, dan perlu info-info penting yang berguna untuk keamananmu. Sedangkan Sebangsa1800 berperan penting untuk perusahaan atau merek dagang tertentu, karena di sini kamu bisa menyampaikan apresiasimu terhadap mereka dalam bentuk tulisan.

Beberapa fitur yang menunjang Sebangsa

Adapun beberapa fitur yang menunjang kamu dalam menggunakan Sebangsa adalah fitur Jelajah untuk menjelajahi pengguna, grup, dan tagar saja mana yang bisa kamu ikuti; fitur Lokasi yang bisa kamu gunakan untuk menandakan kunjungan kamu di suatu tempat; dan fitur Japri alias Jaringan Pribadi, untuk berkirim pesan secara pribadi ke orang yang kamu inginkan.

Awal yang bagus untuk Sebangsa

Kehadiran Sebangsa di kalangan netizen tentunya sangat berdampak positif sekali, karena selain kita juga memiliki jejaring sosial yang bisa berbagi kepada sesama pengguna, tapi juga bisa menunjang hidup secara pribadi dan juga memberikan aspirasi serta apresiasi kepada perusahaan atau merek produk.

Walaupun masih banyak sekali kekurangan yang bisa ditemukan di Sebangsa, tapi saya optimis, ke depannya Sebangsa bisa memimpin menjadi jejaring sosial yang andal dalam melayani masyarakat dengan instansi-instansi pemerintahan dan swasta.

Berniat mencoba? Yuk segera daftar akun Sebangsamu dari web, Android, ataupun perangkat iOS.

Advertisements

2 thoughts on “Memperkenalkan Sebangsa, jejaring sosial anak bangsa berbasis layanan publik

  1. Baru saja daftar, baru 2 orang yang saya lihat pakai beginian.
    Pribadi sih, gak ada bedanya dengan layanan yang sudah ada. Bahkan lebih kurang dalam segi fitur dibandingkan dengan twitter misalnya.

    Menu rocketnya juga terkadang gak guna, beberapa menu di rocketnya aja sudah ada di sidebar halaman utama. Ini klo pake PC sih. App androidnya juga.. klo fokus ke linimasa yah harusnya otomatis ke linimasanya, ini buka rocketnya dulu. Masih banyak yang perlu di tweak dari segi UInya.

    jadi saat ini sih saya ngikutin orang aja, kalau banyak yah saya gabung, klo dikit yah bubye. Pribadi, sebangsa masih jauh dari yang namanya siap untuk dipakai. Tapi entah deh, liat beberapa tahun kedepan ada perubahan atau tidaknya. 😛

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s