Menunggu Inbox, layanan surel dari Gmail yang diperbaharui

inbox

Di kala siang hari, saya iseng-iseng nyalain sync di hape. Sembari menyalakan, saya buka Google+ dan melihat kiriman post di sebuah grup tekno. Dan muncullah sebuah berita yang menampilkan sebuah layanan surel yang kini dengan beberapa pembaharuan oleh Gmail.

Kalaulah kita selalu terbiasa dengan Gmail, kali ini Inbox hadir dengan beberapa pembaharuan yang bisa dibilang vital banget untuk kita para netizen, terutama online marketer. Dalam fasenya yang masih terbilang closed invitation ini, Inbox menyediakan beberapa kelebihan.

  • Pengelompokkan surel dengan Bundles

inbox-1

Di Gmail, kita biasa mengenalnya dengan fitur kategori, seperti Email Utama, Sosial, Promosi, Pembaharuan, dan Forum. Memang sih, fitur ini juga belum terlalu lama diimplementasikan di Gmail sendiri, apalagi buat para pengguna surel yang sudah lama terbiasa mengelompokkan surel-surel itu sendiri dengan menggunakan fitur filter.

Gmail, dengan Inboxnya menjadikan Bundles membuat pengelompokkan surel menjadi lebih mudah dan lebih efektif. Mengapa demikian? Dengan sistem algoritma yang memfilter surel-surel yang diterima secara otomatis langsung mengelompokkan surel-surel tersebut berdasarkan ke dalam kategori-kategori yang terperinci. Kita tak lagi menemukan surel-surel yang nyasar di kategori yang salah. Bahkan untuk surel-surel kita yang berbentuk perjalanan pun tersusun dengan rapi.

  • Mudah melihat surel yang penting dengan Highlights

inbox-2

Habis berbelanja? Selesai memesan tiket perjalanan? Baru saja memesan tempat atau memesan makanan? Dikirimi gambar? Pasti merepotkan ya setiap kali melakukan beberapa hal berikut kerap untuk membuka surel. Kini dengan fitur Highlights, kamu cuman perlu melihatnya sekilas, tanpa musti membuka surel-surelnya. Tentu ini menguntungkan sekali, apalagi kalau kamu sedang sibuk.

  • Atur dirimu dengan Reminders

inbox-3

Sebagai salah satu layanan surel, tentu ini merupakan suatu terobosan bagi Gmail untuk memasukkan Reminders ke dalam Inbox. Mungkin bagi kamu yang suka kelupaan dengan menambahkan apa yang musti dikerjakan di Google Keep atau Google Calendar, terbantu dengan fitur ini di Inbox. Karena kamu tidak lagi perlu membuka beberapa apps sekaligus dan hanya perlu membuka inbox untuk mengingatkan dirimu. Walau sebenarnya bisa juga sih dilakukan dengan menggunakan voice recognition di Google Now.

  • Butuh waktu untuk fokus? Snooze-kan saja

inbox-4

Bagi kamu yang punya jadwal super sibuk dan tidak mau kelewatan satu pun hal yang dapat membuatmu lupa, Snooze adalah jawaban yang tepat. Karena dengan Snooze, hal-hal penting yang ingin kamu laksanakan bisa ditunda atau diundur waktunya sehingga tidak ada satu pun hal yang terlewatkan. Ini juga bermanfaat bagi kamu yang rada-rada males atau sedang mengalami depresi sehingga butuh waktu untuk mengabaikan hal-hal yang bakal kamu lakukan nantinya.


Sebenarnya masih lebih banyak lagi fitur-fitur menarik yang ada di Inbox, namun masih banyak yang belum diekspos. Mungkin ada sih tulisan yang membeberkan kelebihan yang bisa digunakan di Inbox, seperti tulisan ini.

Karena Inbox juga baru-baru ini dibeberkan ke publik, tentu Inbox juga perlu perbaikan dan pengembangan lebih lanjut. Makanya Inbox masih menerapkan sistem ajakan untuk dapat mengggunakannya. Saya sendiri sih masih menunggu untuk bisa menggunakannya.

inbox-end

Buat kamu yang juga tertarik untuk menggunakannya, ada dua cara yang bisa kamu lakukan: mengirimkan surel permohonan untuk menggunakan Inbox ke inbox@google.com, atau mendapatkan permintaan ajakan dari temanmu yang sudah menggunakannya. Di saya, cara kedua masih sulit karena saya belum ada teman yang bisa saya minta haha. Saya pun mencoba cara pertama. Semoga saya bisa dapat secepat mungkin, hehe. 🙂

Hampir kelupaan, kalau kamu sudah mendapatkan permintaan ajakan, secara otomatis bakal terintegrasi dengan Gmail milikmu. Tenang saja, surel yang ada di Gmail-mu aman dan tetap masih ada kok!

Advertisements

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s