Menjadi orang berbotak: kesejukan penuh nikmat dari tipisnya rambut di kepala

Botak sebagai salah satu potongan rambut yang lengket di kalangan para pemuda yang rada malas mendapati potongan rambut yang ribet mendapat keuntungan dan kerugian bagi diri sendiri, serta kesan yang positif maupun negatif.

Saya sebagai salah seorang yang menggemari rambut saya dipotong botak, merasa bimbang. Antara percaya diri dan rasa minder ada dalam diri saya selama saya menjadi seorang yang berkepala botak. Memang saya tidaklah botak penuh seperti orang bilang kebanyakan. Saya sendiri, dalam sejarah perbotakan di dalam hidup saya, belum pernah botak seutuhnya. Botak saya masih bisa dikategorikan sebagai semi botak. Masih ada rambutnya, tapi cuman sepersekian sentimeter doang.

Kira-kira botaknya saya begini lah... minus jambul di dagu. Atau apalah itu.
Kira-kira botaknya saya begini lah… minus jambul di dagu. Atau apalah itu.

Mengenai keuntungan menjadi botak, bisa dibilang ada beberapa macam. Botak bisa membuatmu:

  • Menghemat duit untuk perawatan rambut

Seseorang yang botak enggak perlu lagi yang namanya nyampo. Kecuali kalau memang kamu masih pengen rambutmu tumbuh tapi enggak musti dicuci setiap hari, mungkin ini berguna untukmu. Kalaupun kamu terkena tai burung dari atas, kamu tinggal langsung mencucinya dengan air tanpa musti mencuci rambut dengan sabun.

  • Menghemat waktu

Kalau kamu botak, gak perlu lagi yang namanya ngurus rambut. Segalanya sudah menjadi gampang. Gak perlu sisiran. Kalau perlu dirapiin rambutnya untuk penebalan rambut di masa datang, mungkin bisa pakai hair gel.

  • Nggak ada yang namanya ketombean

Ketombean? Cuman ada buat yang masih ada rambut di kepala. Lain cerita untuk yang sudah botak. Kamu pun bisa lebih pede karena nggak ada ketombe.

  • Bisa pake topi kalau cuaca tidak memungkinkan

Di luar lagi dingin banget atau panas banget? Orang botak bisa aja loh pake topi untuk melindungi dirinya dari sengatan matahari panas maupun dinginnya suhu di luar. Cukup membantu daripada musti ngoles kepala pake gel atau sunblock.

  • Membuat kamu jadi nyaman

Botak itu keuntungan utamanya adalah membuat kamu jadi nyaman. Buktikan aja di dekat AC atau kipas angin. Pasti semilir dinginnya angin ke kepala kamu langsung kena, dibandingkan kamu sebelum botak. Bener ngga?

Enggak hanya persoalan keuntungan saja, bahkan kerugian pun juga ada. Kerugian yang bisa ditimbulkan kalau kamu botak adalah:

  • Rambut kamu enggak bisa tumbuh lagi, dan menjadi botak selamanya!

Rasanya berat banget ya menjadi seseorang yang botak selamanya. Saya sendiri sih masih mengalami proses penumbuhan rambut di kepala, yang mana masih bisa tumbuh beberapa hari setelah dibotakin. Tapi ya ngenes aja gitu habis dibotakin terus enggak tumbuh-tumbuh lagi. Terpaksa pake hair treatment untuk obat penumbuh kepala.

  • Rambut kamu dipegang-pegang orang terdekatmu

Paling ilfil dengan yang satu ini. Ilfil aja deh kalo mahkota kepalamu dielus-elus sama orang-orang terdekat kamu. Semua ini karena botakmu yang membuat mereka ‘gatal’ untuk menyentuh botakmu. Geli geli enak.

Nah, itu baru keuntungan dan kerugian menjadi orang botak, secara fisik. Saya belum sebutkan kesan positif dan negatif, baik dari diri sendiri maupun diri orang lain, mengenai botak kita. Perlu diingat bahwa masing-masing orang mungkin memiliki pendapat yang sama atau berbeda mengenai potongan rambut kita.

Hal positif yang perlu kita dapatkan dari kesan mendapati rambut kita botak adalah:

  • Pede sebagai orang botak

Tentu saja sebagai seorang botak kamu harus bangga dong! Termasuk saya. Buat apa enggak pede kalau memang image kita pasnya di potongan rambut yang ini?

  • Lebih keren jika dikombinasikan dengan facial hair

Orang botak bisa aja datar penampilannya kalau tanpa pelengkap. Nah, bagaimana jika ditambah pelengkap seperti facial hair? Nilai plus plus untuk kegantenganmu.

  • Orang botak biasanya dikaitkan dengan citra dan kepintaran yang sangar

Lihat aja aktor ternama seperti Bruce Willis, Ed Harris, dan Vin Diesel. Sukses dengan penampilan sangar di film yang mereka lakoni. Tentu saja mereka (pernah) botak pada saat itu, dan sudah lengket di benak kita akan citra mereka. Begitu juga dengan pemikir-pemikir seperti Aristoteles, Socrates, dan Plato. Mereka pinter-pinter tapi botak juga kan? Nah, jadi enggak usah khawatir punya citra jelek. Soalnya jadi orang botak itu juga bisa bikin kamu sangar dan terpelajar.

Begitu pun kita sudah mengetahui kesan positif yang bisa kita dapat dengan menjadi botak, belum tentu orang lain menganggap dengan lapang dada dengan gaya rambut botak kita. Bisa jadi kamu atau mereka beranggapan seperti ini:

  • Orang menganggapmu kelihatan tua dengan botakmu
  • Enggak semua cewek menyukai cowok botak, mungkin aja kamu begitu
  • Orang berpikir bahwa kamu sedang menjalani masa rehat kanker
  • Mungkin kamu adalah anggota geng, atau bisa jadi kamu korban kekejaman rasis?
  • Mereka berpikir kamu itu membosankan… masa botak melulu?
  • Kamu enggak bisa menggaet cewek dengan rambut botakmu
  • Kamu seolah-olah punya genetika yang buruk karena rambutmu aja botak
  • Kamu kehilangan mahkota kepalamu
  • Botak itu semacam tabu bagi sebagian orang yang punya proporsional kepala yang unik

Kira-kira begitu aja pemikiran saya mengenai gaya rambut botak. Sebagai orang botak, saya cukup tersinggung dengan segala hujatan dan kecaman yang didapat dari orang-orang di sekitar saya. Sebenernya dua minggu yang lalu saya sempat mengambil potongan rambut yang salah. Dan memutuskan untuk menggundul habis potongan rambut saya yang tersisa. Supaya pas mau tumbuh kembali rambut saya, rambut gondrong yang saya punya nantinya bisa saya dapatkan dengan optimal.

Jadi, enggak ada salahnya dong menjadi orang botak. Soal masalah botak itu tabu atau nggak, itu kan hanya menurutmu saja. Saya nggak 🙂

Bagaimana dengan kamu?

Advertisements

2 thoughts on “Menjadi orang berbotak: kesejukan penuh nikmat dari tipisnya rambut di kepala

  1. Sy paling sk sm cowok yg kpala’ny plontos (botak licin),kesan’ny bersih & seksi. Mngka’ny dr mantan smp cowok sy yg skrng,rata2 kpala’ny pd plontos “ad jg yg pas baru jadian,saat itu jg sy gundulin. Stiap Ngapel/dtng krmh slalu sy elus2 & klo ud terasa ksr/tumbuh rambut, lngsung sy kerok. Syng’ny d antara cowok2 sy,ga ad yg mnta sy d gundulin “sbnr’ny klo ad,sy mau bngt d botakin licin. Nah ini boro2 nyuruh botakin,mau potong pndk aj ganti blh “yg ad mlh d srh panjangin trs.

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s