Kebakaran Jenggot karena Video Konser Miku Expo Merajalela?

Actually, saya merasa prihatin.

Prihatin karena melihat anak-anak muda gampang tersulut emosinya dengan hanya larangan singkat, padat, dan jelas dari pihak panitia Anime Festival Asia melalui akun YouTubenya.

Sebelumnya, mari kita kilas balik dulu. Beberapa waktu lalu, ada yang sempat menyinggung permasalahan di mana fans-fans Hatsune Miku (yang bisa saya bilang, lebay) di luar pulau Jawa, enggak bisa datang ke konser karena alasan ketidakmampuan biaya untuk membeli tiket konser dan akomodasi dan lebih memilih untuk menonton ‘siaran ulang’nya melalui YouTube. Kamu bisa baca artikelnya Ahotaku39 untuk lebih lanjut.

Lalu juga ada seseorang yang, mungkin bisa dibilang tidak kesampaian untuk menontonnya dan hanya sekadar datang ke ekshibisinya, dan kemudian menulis kata-kata seperti ini dan ini. Sungguh memalukan.

Baru-baru ini, kita dihebohkan dengan salah satu akun YouTube, Fetboy Slim. Ia rutin merekam dan mengunggah footage konser yang ia kunjungi, termasuk konser Hatsune Miku yang kemarin baru aja manggung di Miku Expo. Dia baru saja mengunggah video footage yang tentunya sudah ia rekam dan ia sunting pada dini hari ini. Dia sempat membagikan videonya dengan privasi terbuka, sehingga orang-orang yang sudah mulai nyolot di awal, mencari-cari video yang dimaksud. Dan voila. Ramai video Fetboy Slim setelah diunggah.

Namun, bagaimana dengan reaksi orang-orang yang sudah menonton videonya?

Sejujurnya, saya kurang tahu bagaimana reaksi mereka di video yang dipost oleh original uploader. Yang saya ketahui, ada kiriman post dari orang lain yang memuat gambar komentar dari pihak panitia Anime Festival Asia melalui akun YouTubenya di video original uploader video tadi. Isinya seperti ini:

10349873_10202020329618855_1822831306751158522_n

Jelas-jelas di situ diterangkan (yang saya translasikan) begini:

Mohon HAPUS video ini dalam kurun waktu satu jam. Jika kamu tidak melakukannya, kami akan mengambil tindakan hukum dan membuat kamu tidak bisa mengikuti acara-acara kami selanjutnya di kawasan Asia Tenggara. Kami menghargai privasi konten dengan serius dan menyatakan aturan untuk TIDAK merekam isi dari konser tersebut bagaimanapun juga. Harap HAPUS sekarang atau siap-siap menghadapi tindakan hukum serius. Terima kasih.

Tentu saja, mengingat sang original uploader sudah menanggapi komentar dari panitia, maka beliau langsung menjadikan video tersebut yang semula public kini menjadi private. Artinya tidak bisa dibuka selain sang original uploader sendiri. Saya sudah mencoba membuka semua video-video konser Miku Expo yang sudah dishare original uploader (total ada 12 video berdasarkan hasil pantauan dari akun social media yang bersangkutan) dan semuanya sudah disetting private.

YouTube 2014-05-29 14-08-30

Saya memaklumi atas respon Fetboy Slim atas kejadian yang menimpalinya. Semoga setelah kejadian tersebut tidak mengurangi niat dan nyali saudara untuk tetap merekam footage-footage video konser selanjutnya (ceileh..).

Terus, yang bikin saya facepalm dan prihatin sekarang bukan Fetboy Slim. Melainkan reuploader video yang ternyata dilakukan oleh seorang anak-anak yang mengaku hacker dan anonymous. Video tersebut ia upload kembali di Facebook dan Youtube dengan menggunakan keterangan yang sama dari yang ia sediakan. Menurut pantauan saya sejauh ini, dislike dari video ini jauh lebih banyak dari likenya.

Dan yang paling bikin saya prihatin adalah komen-komennya.

All comments on Miku Live In Jakarta , Indonesia 2014 [ AL Fayed ] - YouTube 2014-05-29 14-06-41

Lha, kok yang katanya gembar gembor mau nonton di YouTube gratis sambil dengerin pakai Sennheiser mana? Mana pembuktiannya? Kok malah rusuh minta dihapus videonya (apalagi di video yang diupload kembali oleh orang lain).

Kayaknya mereka gagal paham nih. Coba lihat baik-baik deh quote saya sebelumnya.

…dan membuat kamu tidak bisa mengikuti…

Nah, di sini seharusnya yang dimaksud panitia AFAnya kan si original uploader. Terus kenapa musti minta diganyang untuk hapus? Lagipula ini enggak berdampak ke satu kawasan secara keseluruhan. Cuman satu orang aja. Ini malah diibaratkan pars pro toto. Nggak heran banyak banget komentar-komentar bodoh dari anak-anak mudanya Indonesia. Persepsi kata ‘kamu’nya salah.

Saat saya ngebuat post ini, video reupload tersebut juga sudah dihapus oleh sang user.

Sekali lagi, saya prihatin.

Advertisements

4 thoughts on “Kebakaran Jenggot karena Video Konser Miku Expo Merajalela?

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s