Science Film Festival 2013, sinergi antara energi dan produktivitas

sciencefilmfestivallogo

Science Film Festival adalah sebuah program yang diinisiasikan oleh Goethe-Institut pada tahun 2005 di Thailand. Festival ini menampilkan film-film yang mengkomunikasikan iptek dengan cara yang mudah diakses serta menghibur bagi anak-anak berusia 9-14 tahun dan bagi penonton luas. Melalui pendekatan tersebut, festival ini membangkitkan sebuah budaya film iptek yang secara efektif menggabungkan pendidikan dan hiburan, menunjukkan bahwa komunikasi dan pembelajaran iptek sangatlah menyenangkan.

Pada tahun 2013 ini, Science Film Festival kembali hadir ke Indonesia untuk yang ke-4 kalinya dengan tema Energi. Tahun ini Science Film Festivalakan diselenggarakan di 20 kota; Aceh, Ambon, Bali, Bandung, Bogor, Jakarta, Makassar, Malang, Medan, Palembang, Palu, Pontianak, Salatiga, Samarinda, Soe, Solo, Surabaya, Tomohon & Yogyakarta.

Science Film Festival tahun 2013 diadakan di Kamboja, Indonesia, Yordania, Laos, Malaysia, Myanmar, Palestina, Filipina, Thailand, Uni Emirat Arab dan Vietnam. Festival ini diselenggarakan secara internasional dari tanggal 7 Oktober sampai 15 Desember.

sciencefilmfestivalmedan6

Untuk di kota Medan sendiri, penyelenggara diurus oleh Alliance francaise de Medan, satu-satunya lembaga kursus bahasa Perancis yang satu-satunya di kota Medan, bahkan di Sumatera. Pada acaranya, tidak termasuk penobatan penghargaan untuk sesi kreasi film-film sains, hanya penayangan film dan percobaan eksperimen-eksperimen sederhana.

Sebenarnya, saya ingin menonton film-film sainsnya di tempat kursus Alliance francaise de Medan, namun setelah saya kontak lebih lanjut dengan pemilik cabang kursusnya, dengan senang hati penayangan filmnya dihadirkan juga di sekolah saya di SMA Negeri 1 Medan yang kebetulan bertepatan dengan Hari Guru.

Usai upacara, saya menuju ke aula untuk menghadiri festival ini. Dan saya lihat, masih dipersiapkan. Saya pun kembali ke kelas, dan tak lama beberapa menit kemudian acara pun dimulai. Saya yang masih di kelas baru menyadarinya dan segera ke atas.

sciencefilmfestivalmedan1

Ada beberapa film yang ditayangkan, dan rata-rata film menyangkut tentang energi dan lingkungan. Film-film tersebut adalah:

  • 7 Wonders yang menayangkan bagaimana pemandian air panas digunakan dengan unik, mendemonstrasikan kemampuan balon, menggerakkan mobil tanpa mesin dan tanpa listrik, bagaimana microwave bekerja
  • Energy Bits: People’s Energy yang menayangkan bagaimana energi dapat dialirkan secara cerdas dengan memanfaatkan energi surya dan angin serta dapat dialirkan melalui trafo listrik
  • Solar Kitchen yang menayangkan bagaimana panel-panel surya dapat digunakan untuk memanaskan air dan dapat menghemat gas dengan hanya menggunakan panas sinar matahari saja
  • Energy Bits: Solar Plane yang menayangkan sekelompok pelajar dari Slovenia dalam perjuangan dan usaha mereka membuat pesawat bertenaga surya
  • Nerd Academy: Photosynthesis, Energy and Climate yang menayangkan sederetan kerja-kerja yang dihasilkan dari sejumlah energi tertentu

Setelah memutar satu film, diadakanlah eksperimen-eksperimen sederhana dengan menggunakan tenaga/energi angin yang sangat mendasar dan esensial dalam kehidupan. Eksperimen yang dilakukan seperti eksperimen memindahkan bola dari piring satu ke piring dua, memindahkan bola dengan gentong yang dipukulkan, mengambil bola tanpa tangan menjadi basah, dan beberapa eksperimen lainnya.

sciencefilmfestivalmedan2

sciencefilmfestivalmedan4

sciencefilmfestivalmedan3

Setelah serangkaian eksperimen-eksperimen dan penayangan film-film sains, acara dilanjutkan dengan pengenalan acara-acara yang diadakan Hi-Lo dan kemudian ditutup dengan foto bareng dan interview beberapa anak terpilih yang ikut serta dalam eksperimen.

Dan oh ya, acara ini masih berlangsung untuk di area Medan sampai esok hari.

sciencefilmfestivalmedan5*Dok. Nauf-vault/Alliance francaise de Medan. Video menyusul.
Advertisements

One thought on “Science Film Festival 2013, sinergi antara energi dan produktivitas

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s