Festival Sinema Prancis 2013 akan digelar bulan depan! (+ jadwal tayang film)

festival-sineas-indonesia-2013

Untuk kedelapan belas kalinya, Festival Sinema Prancis digelar di Indonesia. Sebagai festival dan tur sinema Prancis yang pertama dan digagas pada tahun 1996, Festival Sinema Prancis merupakan jembatan penting dalam menghubungkan sinema Prancis dengan masyarakat Indonesia.

Festival ini akan diadakan di sembilan kota besar, yaitu: Bali, Balikpapan, Bandung, Jakarta, Makassar, Malang, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta.

Di edisi ke-18 ini, Festival Sinema Prancis hadir dengan formula baru yang telah diuji coba pada tahun 2012, bekerja sama dengan XXI/21 dan menampilkan tiga program acara utama:

  • Panorama perfilman Prancis terbaru
  • Retrospektif Abdellatif Kechiche
  • Kompetisi Film Pendek Indonesia

Pada bagian Panorama, Festival Sinema Prancis tahun ini bekerja sama dengan Cinema XXI/21 dan acara “Rendez-vous with French Cinema” di Singapura mempersembahkan delapan film terbaru Prancis yang belum pernah diputar di Indonesia, dari berbagai genre: laga, horor, polisi, drama, fantastis, romantis, komedi dan animasi.

Beberapa sutradara Prancis juga akan hadir di Jakarta untuk memberikan masterclass bagi para sineas muda Indonesia.

Kemudian ada bagian Retrospektif. Setelah Olivier Assayas pada tahun 2012, Festival Sinema Prancis tahun ini mempersembahkan film-film karya sutradara kenamaan Prancis saat ini, Abdellatif Kechiche. Akan ditampilkan empat pilihan film karya pria Prancis kelahiran Tunis ini, yaitu la Faute à Voltaire, l’Esquive, dan Vénus noire. Beberapa filmnya mendapat penghargaan dari Césars dan dari Venesia.

Dan yang terakhir, ada bagian kompetisi film pendek Indonesia. Kompetisi ini merupakan ajang kedua kalinya yang diadakan oleh Festival Sinema Prancis. Pada edisi pertamanya tahun 2012, mereka menerima 60 film pendek yang dikompetisikan.

Tujuan dari Kompetisi Film Pendek ini adalah sebagai salah satu batu loncatan yang memungkinkan para sineas muda Indonesia memperkenalkan karyanya kepada para sineas profesional dan masyarakat luas.

Delapan film pendek yang lolos pra seleksi akan diputar di bioskop-bioskop XXI/21 dan sutradara terbaik, seperti tahun lalu, akan dikirim oleh IFI ke ajang festival film pendek internasional paling bergengsi di Clermont-Ferrand, Prancis.

Tidak hanya itu, untuk pertama kalinya tahun ini, penulis skenario terbaik akan mendapatkan pelatihan intensif selama sebulan di sekolah sinematografi l’Ecole Nationale Supérieure Louis-Lumière di Prancis.

Untuk rincian jadwal tayang film di masing-masing kota, dapat dilihat pada tabel berikut di bawah.

kurang gede tabelnya? klik di sini.

Untuk info lebih lanjut, kamu bisa melihatnya di sini.

Advertisements

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s