Pokemon X & Y di PC: Antara yakin dan keraguan

Bener gak sih Pokemon X & Y bisa dimainin di PC?

Berawal dari ketidakmampuan

Awal mulanya kondisinya dari begini nih:

Aku seorang penggemar Pokemon/gamer yang tahu Pokemon itu seperti apa, dan kepengen main Pokemon X & Y. Tapi, saat ini aku belum punya handheld console Nintendo 3DS di hadapanku. Jadi, bagaimana supaya aku bisa mencoba untuk memainkannya, setidaknya untuk saat ini? Paling tidak di komputerku saja sudah cukup.

Nah! Semua orang pasti pada punya statement yang sama. Atau paling enggak, punya keinginan yang sama, walau beda-beda tipis perkataannya. Toh, tetep, jalan ceritanya: gak punya 3DS, pengen main, dan gak tau cara mainnya di PC.

Semua orang biasanya sih enteng, tinggal mikir: “Oh iya, kan ada emulatornya!”. Oke. Kalau dipikir-pikir, 3DS sudah ada sejak tahun 2011. Berarti sudah 2 tahun sejak awal pertama kali dijual secara mendunia. Tapi, apakah emulatornya rilis secepat itu? Belum tentu. Memangnya gampang mbikin emulator? Ribet coi, dimulai dari codingnya sampai engine gamenya disesuaikan sampai seefisien mungkin untuk dijalankan di PC.

Download link sudah bertebaran, tapi?

Oh iya. Aku baru-baru ini nemu link download dari Mediafire/Rapidshare/dll, udah sama emulatornya. Gimana tuh? Kira-kira bisa dimainin enggak?

Wop. Tenang dulu. Jangan asal main rusuh aja. Saya cuman kasih tahu, sebelum download gituan, ada kalanya kamu teliti dan kritis. Pikirin dulu sebelum download, apa memang benar emulatornya sudah pasti keluar yang BENAR-BENAR bisa berjalan di PC? Soalnya ya, menurut saya itu, belum ada emulator yang mumpuni bisa memainkan segala jenis ROM 3DS. Lain cerita kalau kamu mainnya yang NDS atau Gameboy, karena spesifikasi mereka gak muluk-muluk amat. But, it’s possible to play. Tiada yang mustahil, selagi masih ada orang-orang yang berusaha untuk membuatnya.

Kembali ke topik. Apakah download link, mau itu Mediafire, Rapidshare, dan lain-lain, benar-benar bekerja dan dapat dimainkan dengan semestinya? Jawabannya tidak. Yang selama ini beredar di situs-situs download game, situs video seperti Youtube yang mereka langsung menayangkan video bahwa gamenya dapat dimainkan, dan malahan beredar di situs review film. Itu palsu. Itu scam. Itu tipuan. Sampai post ini diterbitkan, BELUM ADA satupun download link yang dapat menjamin bahwa kamu akan bersenang ria memainkan Pokemon X & Y.

Untuk daftar-daftar link yang menawarkan ‘download link Pokemon X & Y’ palsu, bisa dilihat di bawah:

  1. http://pokemon-x-y-rom.blogspot.com/
  2. http://www.gameinformer.com/games/pokmon_x/b/user_reviews/archive/2013/10/13/pokemon-x-and-y-download-rom-emulator-pc.aspx
  3. http://pastebin.com/nSGkRPh6
  4. https://www.facebook.com/emulatorsfree
  5. http://3dsemulator.org/
  6. http://www.pokemonxandyromdownload.com/PokemonX.html
  7. http://www.r4wood.com/news/391/3DS-Emulator-for-PC.html
  8. http://www.idesigntimes.com/articles/8409/20131104/pokemonxandyemulator.blogspot.com/%E2%80%8E

Jika ingin coba-coba salah satu link di atas, silakan. Saya enggak bertanggung jawab atas kerusakan PC/laptop/ultrabook/netbook/notebook/tablet PC kamu jika seandainya kamu beneran melakukannya, lho.

Ta-tapi… itu kok di torrent sepertinya benar-benar bisa dimainkan ya? Sizenya lumayan besar sih, 2GB. Yang ngeseed juga banyak, dan gak ada negative reviewnya. Itu juga gimana dong?

Maksudnya ini? Soalnya, saya juga enggak bisa katakan palsu. Tapi, untuk ROM yang kamu maksud, itu hanya bisa dimainkan di 3DS yang telah dihack (kalo bahasa keren orang yang suka utak atik Android, namanya ‘diroot’) dan untuk memainkannya menggunakan Gateway.

Tapi inget. Ini cuman bisa kalau kamu enggak punya fisik gamenya di 3DS, dan uang kamu pun udah kepepet gara-gara beli Gateway buat mainin gamenya secara bajak.

Kalau kamu masih ngarep juga kapan rilis emulatornya 3DS, yaaaaa berarti kamu harus bersabar berbulan-bulan kemudian untuk bisa dapetinnya. Ya sama juga nasibnya kalau kamu pengen nungguin emulator PS3 dan Xbox 360.

Update (10/2014)

Sebenernya sih udah ada emulator untuk 3DS, hanya saja masih dalam fase pengembangan. Penggunaannya pun masih sekadar demo dan testing saja, belum benar-benar bisa dicoba untuk dimainkan secara langsung. Nama emulatornya Citra.

Sama juga sih seperti emulatornya PS3 bernama rpcs3. Masih dalam fase pengembangan juga untuk emulatornya. Kalaupun bisa dimainkan, hanya beberapa game saja. Frameratenya juga masih kecil banget, sehingga menjadikan emulator ini belum layak untuk dimainkan.

71 thoughts on “Pokemon X & Y di PC: Antara yakin dan keraguan

    1. Sip deh, saya juga dukung kok. Post ini saya buat pas waktu ada temen download ROM Pokemon X & Y untuk 3DS, dan sebagai counter-argument saya terhadap mereka.

  1. om link yang asli dimana
    soal nya aku pengen download
    setiap ketemu linknya
    langsung begin download
    tolong ya…

    1. Saat ini belum ada emulator yang asli. Kalopun ada, cuman bisa buat testing aja. Namanya Citra.

      Cuman buat testing doang loh ya. Enggak bisa buat main game sama sekali.

  2. om tolong emulator tanpa survey ya
    buat linknya disini soal nya gue sudah download pokemon x tinggal emulatornya
    sekalian yang di android ya bro

    1. Saya sudah menyebutkan linknya di balasan komentar saya sebelumnya. Hanya saja, itu emulatornya belum stabil dan masih dalam masa pengembangan. Hanya bisa dicoba untuk testing saja.

      Di Android? Yang mana lagi tuh? Di PC aja belum ada emu 3DS, apalagi di Android. Gimana sih kamu ini hahahahaha. 😆

    1. Yap. Sejauh ini, komentar yang saya lihat di situs yang kamu kasih tahu, kebanyakan orang mengeluh emulatornya tidak bekerja.

      Kembali lagi ke statement saya di akhir post, MASIH BELUM ADA emulator yang benar-benar bekerja untuk dapat memainkan game-game ISO yang sudah bertebaran di Internet. Masih ngeyel juga?

      Entar kalau sudah ada, sesegera mungkin bakal saya update deh. Kapan-kapan, kalau emulatornya sudah jadi. Mending kamu nungguin dengan main game yang lain, atau kalo emang kebelet banget pengen main, nabung dari sekarang buat beli 3DS beserta gamenya.

  3. tulissanya mencari iso kok om bener apa enggak ya apa tergantung size nya ya
    aku dah nemuin yang size nya banyak
    91.9 mb om

    kalau beli 3ds pokemon x and y nya bayar om apalagi saya gak maksut menjalankanya seperti harus daftar harus menurut bahasa seperti japan gamenya harus jepang,(US) harus game inggris

    internetnya juga harus pakai wi-fi saya tinggal didesa paling jauh kabel telepon belum sampai sini om gimana mau download
    saya juga sedang nabung tapi saya bingung
    harus beli ke eshop lagi

    kaset nya juga mahal. nitendo 3ds apa ada yang jual di temanggung

    1. Terpaksa saya edit komentarnya yang banyak di sini. Lain kali kalo mau komen di satu waktu aja dan banyak, ketimbang komen satu-satu tapi waktunya beda-beda tipis. Agak sebel balesnya.

      Iya, kamu udah bener kok nyarinya. Tapi yang kamu cari itu masih belum jelas keberadaannya. Dipertanyakan. Sebaiknya bersabar aja dulu deh daripada komputer kamu yang kenapa-kenapa, dan malah menyalahkan saya nantinya gara-gara enggak bisa emulatornya. Haha.

      Yaiyalah bayar. Kan beli. Kamu beli gamenya juga tergantung regionnya sih. Kalau di luar Jepang dan negara-negara yang termasuk bahasa official, dapetnya juga bahasa Inggris kok.

      Ya mainin ae offline. Kok susah?
      Download aja di warnet. Atau, pasang koneksi satelit lah kalo di desa :>
      Nabung aja pake bingung… ya nabung aja lah dulu. Belinya belakangan, pas udah kekumpul uangnya.

      Ya makanya nabuuuuuuuuuung. Nintendo 3DS mah beli aja online di tempat forum jual beli kayak Kaskus. Tapi hati-hati kamunya pas lagi nyari mah.

  4. om kalau pake usb di 3ds bisa gak ya kalau di eshop bayar pokemon nya soal nya aku gak punya paypal atau atm khusus

    1. Atuhlah…

      Kalo 3DS kan mainnya pake cartridge gitu atau SD card. Kalo mau bajak ya beli Gateway lah, cartridge buat ngakalin main game 3DS. Terus juga musti punya 3DS. Terus download ISOnya Pokemon seperti yang sudah saya tulis di atas. Terus entar ditaruh filenya di SD card. Terus jalanin ISO game Pokemon yang ada di SD card pake Gateway.

      Bajak enggak bajak, sebenernya tetep bayar juga. Saya enggak merekomendasikan untuk bajak, soale saya juga belum pernah mainin 3DS. Tapi kalo kamu udah beli cartridgenya (Gateway), udah gampang mah. Bisa bajak game lainnya juga.

      Gak punya Paypal, nitip bayarin sama temen atau kerabat atau keluarga. Atau enggak punya ATM, bisa langsung ke bank, kirim uang ke rekening orangnya. Tergantung kamunya sih mengakalinya bagaimana.

  5. kalau atm britama ituloh yang gambar kartun bisa nggak.aku tau pakai modem tempatin sd card kalau besar dibawak leptob ada tempat memori nanti isi.eh om aku ada penasaran pokemon x berukura 2.gb ada juga ukuran 97.mb bedanya apa

  6. om ada emulator 3ds namanya tronds emucr 3dmoo tapi masih dalam tahap belum sampai alpha belum bisa buat mai pokemon x dan y kita berdoa aja agar cepat bisa

  7. om ane punya game pokemon x high compreesed lucu saya download 1.7gb isinya 10 di extrax 1jadi 2gb

  8. saya punya pokemon x gratis high compresed aku buka isinya ada sepuluh.aku juga mau tanya kalau ada pokemon x and y berformat iso pc main tanpa emulator

    1. Hoo. Filenya terpecah, terus begitu diekstrak jadi gede? Ah itu mah biasa.

      Hadeh… ngimpi boleh. Tapi jangan ngarep langsung ada kalo masih ngimpi.

  9. mikir pokemon hingga aku mimpi tentang pokemon xy mau diceritain

    om maaf aku buka internet ada pokemon x. y di psvita apa sudah ad

    1. >mimpi

      Kita di sini bicara realita ya, dik. Bukan bicara mimpi. Oke?

      >Pokemon di PSVita

      Hadeh… yang namanya Pokemon, enggak jauh-jauh dari consolenya Nintendo. Gamecube, GBA, NDS, 3DS. Gak usah mikir yang jauh-jauh sampai PSP dan PSVita lah. Kecuali kalau kamu bakal main gamenya di emulator di PSVita.

      Dan, lagi-lagi kamu nanya sesuatu yang mustahil sekarang. Main Pokemon X/Y di PS Vita, ya? Masih aja bermimpi.. 😆

      1. Itu toh kemungkinan ada di PS tuh kecil bgt, masa Nintendo pengen bikin game buat Sony? kan mereka perang. (or sort of)

  10. LOL nyolotnya imba

    anyway, ngomong soal emulator, jangan berharap banyak. emang pasti ada (for the sake of future), tapi ga yakin bakal bisa sama persis kayak mesin aslinya (e.g. PS2,PSX emu).

    tapi keterlaluan juga kalo handheld console beginian dibikin emulatornya. this is fucking cheap machines, and you’re still pirating them? BLASPHEMY!

    1. Serius? Saya tahu kamu masih bocah, dan karena enggak bisa saya kasih tahu langsung di tempat kamu, jadi saya cuman kasih jawaban singkat ya.

      Saya mengutip dari jawaban (yang sudah saya terjemahkan) di sini ya:

      Pokemon X & Y ada di PSVita? Atau bisa nggak didapat di DS?

      Pokemon X & Y hanya ada di 3DS saja. DS versi lainnya enggak bisa memainkan game Pokemon itu, apalagi PSVita.

      Pernyataan di atas nggak bisa kamu bantah. Titik.

  11. gan walau belum release ada emulator nitendo 3ds tapi sekarang sudah update 20150104ih
    masih belum bisa main 3ds game yang bagus tapi yang penting bukan hoax

  12. Saya pendatang baru disini dan baca komennya aja sebel sama rachmandaaquilaarkhano

    Udah nyari2 di google emang gak ada emulator 3ds dan kalo ada itupun hoax, saya malah download app sampah -__-

    Jadi mending nabung untuk beli handheldnya 🙂

  13. Bang admin…. yang sabar ye.. nanggep’in comentar mereka
    Ngomong ngomong bang admin tau kagak alamat website resmi mereka yang bust emu-nya
    Itung itung bisa buat prediksi bang…..
    Thanks

    1. Dari hasil flashing ROMnya, kan bisa diapa-apain (saya sendiri kurang ngerti istilahnya apa, tapi kan harusnya bisa kalau diambil gitu dari cartridge data gamenya).

  14. Bang…daripada balas comment gg penting dari ramadhanblablablabla…lebih baik bales aku aja,gini..apa ada game pokemon yang lain selain pokemon red,platinum,zeta/omicron,ato sejenis lah..yang animasinya kotak”,dan tentunya bisa di download..

    1. bahkan sampe sekarang gua ga punya 3ds, gua cukup mainin pokemon soul silver/heart gold, platinum, black/white nds pake emulator drasticDS sampe sekarang 😀

  15. jadi di tahun 2016 ini emulatornya sudah ada atau belum?
    sudah lama ngga main game pokemon sekalinya browsing ketinggalan banget ada pokemon xy -___-

  16. Baca min komentar penting ^_^. Min saya liat post ini dah ada dr 2014 sampai 2015 masih aktif (y). Apa 2016 ini masih di tanggepin dan masih aktif di blog atau web ! :D. saya baru denger dr orang Kemarin katanya di emulator citra bisa memainkan game run factory 4 di 3DS. Apa bisa juga tuh emu di coba di pokemon X & Y ? Dan 2016 ini apa game 3DS dan emulatornya sudah gratis. Kan saya pernah download emulatornya tp pas di buka harus masukan password tp cara dapatkan paswordnya susah 😦 sedih. Tp orang lain di sana sudah memainkan game ini sejak lama. Entah di emulator ataupun di 3DS asli :D.

  17. Emang nya kalau beli 3ds langsung kira2 brpaan min? :3
    Sama kalo bisa dikasih tau jg harga kaset game nya :3

    1. Wah, kalau di link semula yang saya kasih sudah didelete alias nggak bisa didownload lagi.
      Saya sendiri kurang yakin kalau aplikasi yang ada di Google Playstore aman untuk dicoba. Selalu berhati-hati saat melihat ada yang menamakan 3DS.

  18. Min,boleh tanya ad harga console 3ds yang agak murah gak?? Barangkali satu juta keatas atau dibawah dua jutaan.

  19. bro w baca-baca coment teman-teman dari atas sampe bawah, sudah bertahun-tahun berlalu. masih belum nongol juga nih emulatornya?

  20. pokemon 3ds pny kelas sendiri bos, jangan samain sama pokemon go, diversi 3ds nds bahkam gbc gba pun pasti dikasih quest, ada jalan cerita , nah pokemon go ? gitu gitu doang … apa bagusnya :v

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

