Untuk kedua kalinya, stand AniManga di Festival of Smansa

Tahun lalu gak sempet buatnya, jadi ya untuk saat ini, wajib saya buat laporannya.

Bagaimana persiapannya jauh-jauh hari

Jadi, sebenarnya bisa dibilang persiapannya juga kurang maksimal. Saya sudah ingatkan mulai dari tanggal 13 September 2013, dan sepertinya waktu 1 bulan 20 harian saya lewatkan dengan kerja yang inkonsisten. Saya yang harusnya memimpin alur maju mundurnya persiapan stand, juga kurang konsisten dan kurang maksimal dalam pelaksanaan persiapan standnya jauh-jauh hari, sehingga Akbar pun terpaksa turun tangan.

Saya, Akbar, dan Naufal pun merencanakan apa-apa saja yang bakal diisi di stand. Secara generally, kamu bisa lihat di bawah ini.

Itu masih beberapa, belum mencakup semuanya. Waktu sebelum hari H seharusnya sudah ditata dengan baik, mulai dari pendanaan, pengaturan shift cosplay, pengaturan lighting, stand, environment, dll. Cuman, ya karena di diri saya yang entah kenapa belakangan ini kelihatan banget gabutnya alias males banget melaksanakan tugas, sampai-sampai enggak ada progress. Apalagi soal jarkom-jarkoman, yang saya ributkan hanyalah pulsa di hape yang belum terisi dan ketidakmudahan pengiriman short messaging service ke nomer temen-temen sekalian.

Tahun ini, saya rasa, persiapannya jauh lebih kurang dari tahun lalu.

Pelaksanaan di hari H

Persiapannya pun kami rasa kurang matang. Banyak kendala yang kami alami selama persiapan, seperti di masalah persiapan barang-barang yang ada, pemasangan barang-barang, dll. Seperti di satu kasus, saya kira saya sempat bisa membawa komik-komik yang akan dibawa di stand, tapi apa daya karena free passnya tak kunjung dapat. Katanya free pass di FOS bisa didapat pada jam 9, namun apa? Saya baru bisa mendapatkannya pada jam 2 siang. Ceritanya jauh-jauh hari sudah saya tanya ketika panitia FOS datang ke kelas-kelas menginformasikan kenaikan harga tiket, katanya bisa didapat dari H-1. Saya tepati janji mereka, tapi apa kata mereka ketika salah satu staf yang bertanggungjawab dalam masalah ticketing/stand positioning tidak ada di tempat dan saya tanya kepada salah satu stafnya yang tidak bertanggung jawab?

Apa iya benar free passnya bisa diambil di H-1? Kalau iya, minta aja langsung sama orangnya yang ngomong begitu.

Dan malamnya, saya baru bisa membaca Line dari salah satu stafnya. Dia mengirim pesannya tak lama setelah saya menanyakan ke mana saya bisa mengambil free passnya. Tapi, malam pun sudah menjadi malam, dan waktu tidak bisa diputar lagi. Akhirnya saya pasrah, dan besoknya mendapati free pass dengan waktu ngaret.

Kembali ke persiapan, waktu satu setengah jam dari jam 9 sampai jam 10.30 itu rasanya sangat kurang. Konon, menaruh barang-barang saja sangat memakan waktu lama, apalagi anggota-anggota kami yang bersangkutan pada berceceran. Ada yang tertinggal lah, ngilang lah, pergi sana pergi sini lah, acuh tak acuh lah, dll. Saya rasa, ada baiknya pas mengambil waktunya mulai saat datang ke sekolah.

Di stand, kami mulai mempersiapkan posisi-posisi barang di stand kami, seperti: kursi penonton; meja, layar, dan proyektornya; colokan kabel; figur, merch, dan poster yang ada; lampu untuk dapat melihat pajangan figur/merch/poster; tirai untuk menutupi jendela; dan barang-barang kami. Untuk memindahkan meja-meja dan kursi-kursi yang tidak terpakai, memasang tirai supaya gelap, mengambil barang-barang yang akan dipajang, sungguh memakan waktu cukup lama, dan sesuai yang sudah dibilang sebelumnya, waktunya kurang jika hanya satu setengah jam. Tapi ya mau gimana lagi, sudah terjadi. Daaaaaan, terpaksa akhirnya filmnya pun ngaret, sekitaran 10 menitan.

Film yang diputar pertama adalah K-ON! Movie. Dan penonton masih sepi. Sementara masih sepi, kami masih mempersiapkan segala kekurangan. Beberapa menit kemudian, penonton pun mulai pada berdatangan. Satu per satu penonton ada yang menduduki kursi. Ada yang masih di tempat, dan beberapa ada yang bolak balik, bahkan ada yang keluar.

Selagi film diputar, saya mendapat ide baru. Untuk feedback stand yang bakal dibuat tahun selanjutnya, ada baiknya saya buat survey/jajak pendapat/feedback/kuisioner. Saya langsung buat pakai Google Docs saat itu juga, dan langsung diprint dan difotokopi 100 lembar untuk dibagikan ke penonton dan diisi.

Sampai akhirnya waktu menunjukkan pukul 12.30 siang. Melebihi ekspektasi dari adzan solat Dzuhur. Kami pun break. Saya pun bersegera untuk shalat. Dan setelahnya, saya kembali ke stand dan segera memutar film berikutnya.

Di tengah-tengah film, banyak sekali gangguan dan hambatan saat audience menonton film. Salah satunya ketika si Egy temennya Akbar ingin memasang bingkai AFAnya Akbar, Eh, tahu tahu jatuh karena tidak kuat ditahan di dinding. Akhirnya pecah. Para audience pun merasa tidak enak gara-gara terganggu. Kemudian, si Naufal mau pergi lomba dan terpaksa ultrabook tabletnya dibawa. Dengan terpaksa diganti dengan laptop saya, dan filmnya sementara dihentikan. Kemudian ada masalah pada ‘kenapa-filmnya-ngelag’, lampu di meja figure/merch bermasalah, kebisingan saat buka pintu, salah pasang subtitle, si Naufal balik lagi dan ganti posisi laptop, dan audio yang patah-patah.

Dan akhirnya sampai juga jam lima. Di mana seharusnya stand sudah ditutup. Fiuh, Cukup menegangkan memang. Tahun ini saya rasa sukses. Tapi, di samping kesuksesan itu masih banyak lagi kekurangan yang kita hadapi, seperti yang sudah dinyatakan dalam presentasi di atas.

Nah, kali ini saya akan mencoba menanggapi beberapa tanggapan dari temen-temen yang sudah mengisi kuisioner.

  • menurut saya standnya sudah bagus, kalau bisa ditingkatkan lagi 😀 (oke, akan kami usahakan)
  • kursinya banyakin >< trus filmnya kok macet-macet T^T (iya iya, kami usahakan agar kursinya lebih banyak. soal film, itu kendala teknis yang tidak bisa dihindari, gomen gomen)
  • tidak seperti yang saya bayangkan, dalam stand kurang menarik. (terus apa dong yang kamu harapain di stand kami?)
  • kurang luas tempatnya! ^_^ (m-maaf, tapi ukuran setiap kelas kami cuman sebesar itu sih, ya kalau lebih besar lagi, kami terpaksa sewa dua kelas dong haha)
  • tahun depan, adain stand kpop ;D (plis deh, kamu pasti enggak tahu saya enggak suka kultur korea. mungkin kamu bisa saranin itu ke temen-temen saya yang demen SNSD, EXO, dll. aja)
  • tahun depan buat tepatnya dengan penerima tamunya (kalau bisa sambil cosplay); kalau bisa yang cewe lalu didalamnya ditawarkan sedikit makanan dessert atau kopi; buat photosession dengan para cosplayer ^_^ (bereeeeeees. sebenernya kami mau buat seperti itu, tapi apa daya semuanya dikerahkan untuk menarik pengunjung-pengunjung yang lewat di luar saja. photosession insyaAllah bakal diadakan lagi tahun depan, dan juga makanannya)
  • k-onnya cepat kali habis, figurenya dibanyakin ya (durasinya kan sejam, masa lama sih? pasti datang telat ya? oke, figure kami usahakan bakal diperbanyak)
  • lain kali artisnya lebih banyak ya kakak-kakak hehehe… (maksud kamu cosplayernya? tenang…)
  • gimana kalau yang nonton ga pande bahasa inggris, cuman liatin gambar kan gak enak gitu (akan kami usahakan sub Indonesia, tapi, kalau enggak bisa juga, ya terpaksalah pakai sub Arab… eh, kan kamu enggak ngerti sub Inggris doank kan?)
  • semoga film yang ditayangkan genrenya lebih beragam (aamiin)
  • tahun depan ramein lagi ya! kalo bisa, buat performance aja. がんばります!! nb: apaan maksudnya oppai?? (di brosur) (oke, bakal diramein. yakin ini cuman performance aja? oppai itu… big boobs looh.. masa ga tau? padahal nulis jepang aja tau..)
  • tayangin film naruto dan bleach juga (okeh..)
  • ruangannya kurang nyaman. perhaps, buat komunitas untuk para otaku utk smansa? kalau ada festival atau event bisa ngumpul lagi 🙂 perbanyak anime dan manganya ya (kurang nyaman yah… maafkan kami~ ayo, kita bisa kumpul kapan aja dan di mana aja! eh, tapi kita bukan komunitas… kita grup circle penggemar jepang yang unofficial di smansa doank kok.. beres, bakal diperbanyak.)
  • kalau bisa informasi distandnya diperluas, misalnya antara lain tentang stand (tapi sebelumnya kamu enggak tersesat kan, sampai ke belakang?)
  • di FOS selanjutnya lebih banyak stand lagi dan ada permainannya! 🙂 (permainan.. hm… kami pertimbangkan lagi deh)
  • agar penataannya diperbaiki. dan menurut saya lebih baik posternya diganti menjadi yang lebih tertutup. (siaaaap. tertutup maksudnya gimana nih? kurang ngerti..)
  • mengapa tidak menjual action figure dll di fos selanjutnya? (sebenernya kami bukan bermaksud jualan sih… hanya sekadar memamerkan hobi-hobi kami, yah kalo ada yang mau dijual bakalan kami jual kok..)
  • banyak belajar untuk buat stand yang lebih bagus (makasih atas kritikannya, tetapi setidaknya kami sudah berusaha untuk membuat stand ini)
  • snack!!; disediakan makanan jepang yang bisa dinikmati dan dibeli >w< (akan kami usahakan tahun depan bakal ada makanannya lagi hehe)
  • kurang ditata dengan rapi, padahal udah lumayan bagus; kurang ditata aja =3=)b; sebaiknya stand diset lebih rapi lagi (iyasih, kalau saja waktu persiapannya sedikit lebih lama, ke depannya kami usahakan bakal lebih rapi lagi deh)
  • ruangannya harus lebih dingin (kenapa? acnya kurang dingin ya? mau lebih dingin? pakai hati abang aja ya <3~ *cielah*)
  • kurang ramai untuk merch dan poster (kalo bisa, kamu juga ramaikan dong!)
  • cosplay dan kimononya mantap bray, tahun depan bikin lagi (bikin cosplay? gak capek tuh? hehe)
  • ditambah lebih banyak lagi poster/gambarnya. kursi-kursinya disusun lebih rapi. dan anime yang ditayangkan jangan terlalu ke anak-anak (oke beres. bisa diatur. memangnya anda sudah dewasa benar ya? hoo. kami usahain deh animenya ke dewasa… dikit 😛)
  • untuk fos berikutnya kalau bisa subnya bahasa indo, biar ngerti dikit hehe. (kalau gak ada indo ya gapapa) kalau bisa animenya ada yang fantasi kayak SAO (insya Allah kalau ada yang ngesub. wah, kamu penggemar SAO nih? seberapa dalam? kenalan dong…)
  • jadwal film seharusnya diberitahu (wah, kamu pasti gak baca banner kita di depan stand nih?)
  • kurang gelap, cahaya dari luar masih masuk, apalagi yang dibelakang slide; tata letak tempatnya kurang rapi; kalau bisa stand tahun depan ada film one piece/bleach; semoga tahun depan standnya lebih bagus (iya, maaf, kami udah kekurangan banget itu tirainya. dan kami juga kekurangan manpower untuk beres-beresin kursinya. oke, animenya bakal jadi pertimbangan kami untuk tahun depan.)
  • kalau bisa sistem tempat duduknya lebih bagus, karena beberapa kurang kelihatan (jangan jangan kamu duduknya paling depan lagi! yaiyalah…)
  • semoga diberi popcorn gratis… (bisa aja kamu ngarepnya…)
  • banyakin shoujo manga dan putarin anime genre mystery dan horror (bisa.. bisa..)
  • agar lebih dihias lagitambah cosplay cowonya kk!! yang pakai senjata figurenya ditambah lagi (kamu kangen sama cosplayer yang tahun lalu nih? huehehe)
  • bagus, hanya saja tempat standnya tidak mudah dijangkau para pengunjung (yaaa, sebenarnya kami sudah berusaha untuk bisa dijangkau, hanya saja karena ada beberapa kendala saat penempatan stand dengan pihak internnya, sehingga kami tidak bisa berbuat-apa apa lagi)
  • bagus.. tahun depan nonton lagi (sip 😀)
  • standnya bagus, tahun depan kalau masih hidup insyaalah masuk lagi (bakalan hidup lagi kok, tenang saja)
  • akan lebih baik jika film yang memotivasi (makasih atas sarannya)
  • sugoi kak, cosplaynya kawai-kawai (hahaha, sankyuu)

Kira-kira begitu aja dulu laporannya. Sampai jumpa lagi tahun depan. Oh ya, fotonya menyusul.

Advertisements

One thought on “Untuk kedua kalinya, stand AniManga di Festival of Smansa

  1. Tahun depan bikin maid cafe aja sekalian. Atau lomba dance cover. Atau lomba karaoke. Atau lomba cosplay. Trus buat ngebedain antara panitia stand sama pengunjung, panitia disuruh pake nekomimi (?) #ngaco

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s