What was inside the first #gDayXMedan?

Nah, jadi kali ini postingan sebelumnya akan membahas apa aja yang dibahas di Google Day X Medan.

  • Overview

Google Day X adalah event yang diadakan oleh Google yang bekerja sama dengan technopreneur dan tentunya googler (karyawan Google) bersama para technopreneur akan menunjukkan hal-hal seputaran Google yang berguna untuk bisnis dan teknologi. Mainly, yang dibahas seputaran Android dan Google API, namun kali ini diprioritaskan ke Google API dan peranakan dari Google API itu sendiri.

Awal masuk, diem, bingung mau nulis apaan. Yaaaaa, ada sih, kata pengantar dari bang Hafiz. Cuman gak tau mau ditulisin apa.

Tiba-tiba terdengar kata Google Student Ambassador. Wow. Apa tuh? Google Student Ambassador, secara harfiah tentunya merupakan duta pelajar untuk Google. Nah, duta pelajar ini tentunya akan mewakili Google, berperan sebagai representative dari Google, membeberkan sejumlah informasi tentang Google dan peranan Google dalam edukasi di kampus universitas tempat si mahasiswa tersebut belajar. Untuk di Jawa, katanya sudah ada sekitar 37 orang dan untuk Sumatera sendiri baru dua orang katanya. Salah satunya adalah bang Thomson Palito Napitupulu yang sedang menimba ilmu di Politeknik Informatika Del di Laguboti, Sumatera Utara. Jadi, tugasnya bang Thomson ini ada kaitannya dengan Google Business Group. Dua hal ini saling berhubungan, antara Google Student Ambassador dengan Google Business Group, walaupun saya pikir sebenarnya dikit sih hubungannya. Cara jadi duta pelajarnya pun gak gampang! Bang Thomson malah ngerjainnya selama dua jam, karena ngisi jawabannya itu dipikir dengan matang-matang. Sampai akhirnya Google mengantarkannya ke Jogja, di mana seluruh mahasiswa dari seluruh dunia yang menjadi duta pelajar Google berada dalam satu tempat. Sunggu indah sekali impian dan cita-cita yang diraih bang Thomson ini.

  • Google Business Group

Selanjutnya, ada sedikit kata pengantar dari om Yansen Kamto. Dari perawakannya ngebawa-bawa stand up comedy nih. Asik ngomongin pacar simpanan mulu, ngoahahah. Eits, tapi gini-gini om Yansen bersemangat lho walau dalam keadaan sakit flu setelah sekitar 16 jam berada di pesawat tanpa tidur, dari Mountain View ke Medan. Luar biasa!

Om Yansen berniat cerita sedikit tentang Google Business Group. Jadi sebenarnya untuk apa sih tujuan dibuatnya Google Business Group? Menurut bang Yansen (katanya lebih enak dipanggil, cielah), tujuan dibuatnya Google Business Group adalah untuk memakmurkan bisnis UKM termasuk di Indonesia, dan untuk mendigitalizekan bisnis UKM mereka yang selama ini hanya mengandalkan offline shop tanpa memikirkan peralihan ke online shop. Mengapa demikian? Karena kalau kita lihat baik-baik, perkembangan internet users termasuk di Indonesia, itu penetrasinya cukup tinggi. Dari users yang sebanyak itu, UKM mana saja yang sudah go internet? Masih sedikit. Apalagi, Internet sudah menjadi second largest medium, dan peluangnya sudah semakin besar di teknologi untuk soalan berjualan.

GBG Indonesia merupakan GBG yang kedua di Asia. GBG sendiri di Indonesia sudah ada 8 chapter yang aktif, termasuk Medan. Nantinya akan ditambah chapter lainnya di Sumatera seperti Palembang/Lampung, Pekanbaru, dan Aceh. sudah ada 15 workshop yang diadakan, 30 meetup, 1768 member di milis, dan lebih dari 501 ribu orang yang sudah ‘melingkari’ page Google Plusnya GBG Indonesia. Yang sudah terbukti sukses setelah dioptimisasi dengan Google? Contohnya Estubizi salah satu business centre di Jakarta. Mulanya bergabung Desember 2011 dan memulainya pada Februari 2012. Pada tanggal 22 Februari sampai 1 Maret 2012, mereka giat-giatnya mengkampanyekan Java Jazz. Daaaaaaan, Juli(?) 2012 mereka malah menjadi tuan rumah GBG Jakarta. Ada juga Nokn yang juga merasakan impact dari setelah mengikuti GBG di Jogja.

  • Keynote Speech dari Mr. Md Hadi Shafie Othman

Yaaa jujur aja sih, saya kurang mengeri most of what he talked about. Karena keterbatasan linguistik, si mister agak terbata-bata ngomongnya, tapi mainly bisa ditangkep lah kesimpulan dari apa yang dibicarakannya.

Jadi, dari sekian banyak UKM yang sudah banyak di Indonesia yang sukses? Sedikit. Dan beberapa di antara mereka yang sudah sukses pasti banyak yang mengekspansi UKM mereka ke online shop. Contohnya aja, Borders. Mereka ini sukses lho. Tapi, karena pada zaman 90’an sudah memasuki era informasi, maka tak heran bila banyak yang nggak tahu di tahun tahun seperti ini, karena Borders udah enggak terdengar lagi gaungnya. Lain dengan Amazon yang mau ekspansi ke bisnis online, sampai sekarang masih kita dengar dan kita ketahui perkembangan bisnisnya. Dan lagipula, peluang bisnis online pun sudah sangat besar.

Karena mister Hadi juga googler, maka dia pastinya memperkenalkan pentingnya Google online apps dalam menjalankan bisnis online. Pesannya:

“Bawa satu apa yang disampaikan walau enggak semua, misal feature yang diberikan Youtube, Google Docs, dan lainnya. Karena salah satu itu akan membuatmu sukses untuk bisnismu.”

  • Google Apps for Education

Di sini, dijelaskan bahwa Google Apps yang mencakup Docs, Calendar, Drive, dan sebagainya, bisa digunakan untuk keperluan akademis. Ada kelebihan yang dapat diambil dari memakai Google Apps, salah satunya adalah real-time collaboration, gratis, user friendly, dan mudah digunakan.

  • Google Analytics

Khusus para pengelola situs yang ingin mengetahui statistik websitenya, Google Analytics sangat membantu untuk itu. KIta bisa melihat visitor flow, darimana mereka membuka situs kita dan apa yang mereka lakukan. Mulai dari awal mereka mencari di situs pencarian Google, kemudian masuk ke halaman pertama mereka mengklik link tersebut, sampai terjadi pembelian.

Untuk selebihnya, kamu bisa melihat apa yang dimaksud dengan Google Analytics di sini.

Sebenernya masih panjang sih, cuman saya rada males aja ngelanjutinnya haha. Kapan-kapan deh, kalau niat.

Advertisements

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s