Sedikit hipotesa mengenai kursi kosong di sebelah bangku saya

Saya pun juga agak tercengang dengan kondisi bahwa saya kehilangan teman sebangku. Kalau kita sedikit kilas balik mengenai itu, bahwa sempat terjadi konflik perseteruan tempat duduk. Pada saat itu, saya masih duduk dan satu meja bersama dengan Egy. Dan posisi kami berada di tempat yang tidak menguntungkan sekaligus menguntungkan, yaitu di barisan pojok kiri paling belakang. Apa baik buruknya kami duduk di belakang? Baiknya, mungkin kami bisa mencari kesempatan dalam kesempitan. Saling berbagi contekan, curhatan, short talks, dan lain-lain. Buruknya, kami nggak bisa berbuat apa-apa kalau gurunya galak dan terlalu memperhatikan anak-anak muridnya kala mengajar.

Singkatnya, karena alasan bapak itu yang membuat dari tahun sebelumnya ke tahun ini, masih duduk di tempat yang sama dan tidak sama sekali berubah, atau lebih tepatnya, malas pindah. Awalnya aku yang dipindahkan ke depan, namun aku tidak menunjukkan perubahan yang signifikan dalam waktu yang singkat. Di kemudian hari, dia yang kena dan malah ditetapkan untuk di situ, selama setahun ke depan. Dan, beberapa hari kemudian, kawan yang harusnya berada di samping bangku pun harus berpisah karena alasan peletakan murid yang salah. Yah. Masa musti sekarang, pikirku. Padahal sudah tiga-empat bulan berlalu sejak hal itu terjadi.

Kembali ke bahasan mengenai kursi kosong yang tidak ditempati oleh penghuni tetap kelas itu, siapa pun itu orangnya, walaupun ada saja yang menempati tempat duduk itu dengan sementara. Mungkin ini benar adanya, tapi tidak tahulah. Saya pun bingung siapa yang bakal duduk di sebelah saya. Ada rumor yang mengatakan bahwa teman salah seorang anak berandalan di kelas bakal pindah dan menempati tempat duduk di sebelah saya. Tapi sampai sekarang belum terjadi. Yah, semoga saja tidak terjadi.

Namun, menurut hipotesa saya ya, tempat duduk itu akan diisi dan direservasi oleh salah seorang siswa yang mengikuti pertukaran pelajar pada tahun ini. Seperti yang Anda ketahui, biasanya yang mengikuti pertukaran pelajar akan diundur progres sekolahnya selama setahun, atau sesuai dengan berapa lama jangka waktu pertukaran pelajarnya. Nah, saat ini dia berada di Cina selama setahun. Anggapan saya, dia akan balik ke sini saat saya kelas tiga, dan nantinya dialah yang akan mengisi satu orang lagi di kelas. Begitulah.

3 thoughts on “Sedikit hipotesa mengenai kursi kosong di sebelah bangku saya

  1. Wahah, jones. Berarti ntar sebangku sama Kak Salwa lah ya. Pertama kali tahun ajaran baru aku juga duduk di pojok kiri belakang kelas. Sekelilingku cowok semua malah -.-

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

