Review: PAC-MAN Championship Edition DX+

Euforia saya meledak-meledak setelah muncul game terbaru PAC-MAN versi Championship Edition DX+ di PC. Game legendaris yang terkenal dengan hero berwarna kuningnya yang suka memakan titik-titik dan buah-buahan yang bertebaran di lajur-lajur labirin, meledakkan bom serta berusaha menghindari dari segerombolan hantu ini (dan jika diberi kekuatan khusus, juga akan dapat memakan hantu-hantu itu). Saya kurang tahu game ini tepatnya edisi ke berapa, tapi yang jelas di PAC-MAN Championship Edition DX+ ini merupakan versi port dari console (PS3/X360) dengan beberapa DLC tambahan seperti mode bermain, tempat, dan BGM.

Kontrol saya rasa semua orang yang sudah pernah main PAC-MAN pasti udah tahu. Pakai WASD atau arrow buttons untuk jalan-jalan di lajur labirin. Untuk bomnya tekan Enter atau Space. Fungsinya untuk mengembalikan hantu ke markas semula. Kena hantu, satu nyawa melayang. Game berakhir jika semua nyawa melayang atau waktu habis.

Yang ini pasti juga sudah tahu dong. Apabila semua titik-titik sudah dilahap di salah satu sisi, bakalan muncul item baru di sisi lain. Ambil dan rintangan labirin akan terisi kembali.

Kurang pas kalau PAC-MAN enggak bisa makan hantu. Iya dong. Cari aja power pellet yang ada, dan langsung bisa habisi segerombolan hantu-hantunya. Di sini berlaku combo, kok. Up to 3200 points.

Cukup jelas dong kalau dilihat-lihat gambarnya di atas.

Nih, teknik yang cukup melegenda. Pas sebelum mau belok, bisa langsung teken ke bawah atau ke atas. Untungnya, sebelum hantu menyerang masih ada space untuk kabur dan mengurangi kesalahan dalam menghadapi tikungan.

Beberapa teknik dalam menghadapi hantu-hantu gentanyangan. Seperti ada yang pas muter-muter kemudian dipancing-pancing untuk dikejar. Ada yang tidur terus dibangunin, minta dikejar. Dan satu lagi, ke mana arah kita pergi, hantu-hantu ini pasti ngejar sesuai lajur jalan yang kita lewati. Sedikit sekali di mana mereka akan mengepung kita.

Dan yang terakhir, sebagian tips penting. Selama permainan, pasti bakal merasakan bertambah cepat seiring banyaknya memakan titik-titik. Tapi bisa diperlambat jika nyawa melayang atau saat menggunakan bom.

Untuk mendapatkan skor tertinggi, selalu kejarlah item dengan cepat. Tentunya juga musti cepat makan titik-titik yang tersisa.

Mendapatkan skor bonus dapat diraih jika tidak putus-putus memakan titik-titiknya. Maksimal skor yang kamu dapatkan per titik adalah 100 points.

Ingat, terkadang, hantu yang tertidur punya kekuatan tersembunyi. Mereka punya power pellet yang dapat mengisi kembali kekuatan super PAC-MAN!



Saat pre-game, Anda bisa memilih course mana yang dapat Anda mainkan, memilih BGM yang sesuai dengan selera, dan char yang juga bisa dipilih-pilih. Ada beberapa di antara ketiga ini yang tidak dapat dipilih satu-satu. Yang paling menonjol dalam gameplay, di mana jika Anda sudah hampir dekat mengenai hantu, Anda masih punya kesempatan untuk kabur karena “slo-mo” hadir di sini.

Kesimpulan yang bisa saya ambil.. game ini cukup bagus. Masih mempertahankan tradisi, standar, tapi ada sedikit tambahan yang bisa menghibur pemain-pemain PAC-MAN veteran.

Advertisements

One thought on “Review: PAC-MAN Championship Edition DX+

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s