Mega Bazaar Computer 2013? Hmm, tak terlalu ramai.

Gue udah pernah ikutan yang setahun lalu. Cuman karena postingannya udah hilang, gue gak sempat backup pula seluruh postingan lama yang ada di blog self-hosting gue (karena gue udah terlanjur liburan ke Berastagi, dan di situ susah mau internetan karena udah kepepet jadwal liburan sekolah). Alhasil, postingan gue yang panjang-panjang pun hilang. Eh, sepertinya masih ada, tapi yang draft. Entar gue post lagi.

Ini bakal gue ceritain dari hari Rabu sampai hari Minggu. Bahkan sneak peek sebelum acara, yah kita katakan sajalah technical meetingnya, bakal gue bahas.

Senin, 4 Maret 2013. Hari itu dibilang bakal ada technical meeting ngebahas soal siapa-siapa aja yang bakal ngisi stand komunitas. Gue udah siapin segala persiapan yang ada. Eh, tahu-tahu bakal ngaret dikit. Maklumlah, orang event organizernya pun sampai kewalahan bakal ngaret. Sampai di sana, seperti tahun lalu juga. Stand-stand masih dipersiapkan. Segalanya. Tapi ada yang berubah di sini. Stand Logitech ke mana? Stand Thermaltake kok pindah ke sana? Di sebelah sana kok khusus Intel dan Acer? Mana nih kompetisi PES dari Kompas Gramedia dan Hotgame? Kok malah ganti ke IAHGames? Dan kok semakin banyak useless space? Gue jadi kecewa sama ketua mandor yang ada. Terutama ketua event organizer dan contractornya nih. Begitu satu per satu representatif mulai gue temuin, dan rupanya ketemu deh sama ketua proyek event organizernya. Beda lagi. Mukanya khas Betawi, bukan orang sini. Perawakannya cukup tinggi. Namanya Kemal. Bukan si Adriean lagi. Doh!

Dan technical meetingnya gak seperti tahun lalu yang kumpul di stage, duduk pakai kursi. Kita duduknya lesehan semua. Haduh, kok jadi nurun gini kelasnya ya? Yang dibahas dan ditanya pun itu-itu aja. Kalau nggak stand, yah jadwal acara. Cuman kali ini gak sefull tahun lalu. Masih ada slot kosong, gak terpakai stagenya. Alhasil, dari pengamatan gue, cuman TDA, PFI, Sendal Jepit, Android Medan, dan Teater Medan doang yang pakai kesempatan stage selama lima hari. Sisanya enggak ada. Terbukti sampai sekarang, masih ada jadwal sepi di hari Rabu dan Kamis. Setelah technical meeting ini, gue pun langsung pulang.

Rabu, 6 Maret 2013. Saat di mana Mega Bazaar Computer dimulai. Dari pengamatan gue dari siang sampai sore, suasana bazaar terasa sepi. Di stand komunitas pun yang ngisi cuman Kaskus RPM yang tak ada bannernya, haha. Cuman dipenuhi orang-orang. Alhasil, aku pun cuman bisa duduk lesehan dan membuka laptop sebentar. Malah, sempat ada seseorang dari Medan Berkebun nawarin kacang rebus ke aku, haha. Kuterima sajalah. Sejenak, aku mengurus kepengurusan suatu page di FB sambil mempotret tak jelas ke dalam page tersebut. Terus, aku ngambil scene-scene untuk video pembuka Mega Bazaar Computer ini. Cuman bisa ngambil scene-scene di antara kerumunan orang-orang yang, bisa terbilang, tidak lebih dari 100-150 orang. Walaupun terhitung 500-1000 orang pengunjung, tetep aja yang di tempat ada sekitar kurang lebih 150 orang. Tak lupa, aku juga sempat mengambil scene test device di laptop dan tablet Acer yang sudah menggunakan Windows 8. Kucoba pakai untuk dimainkan Subway Surfer dan Call of Duty: Black Ops 2. Pada tablet, Subway Surfer lancar tapi touch kurang responsif. Sementara Call of Duty: Black Ops 2 cukup ngangkat di laptop dengan FPS average sekitaran 15-30. Setelah ngambil scene, aku pun pulang.

Kamis, 7 Maret 2013. Masa-masanya Sumut memilih gubernur yang cocok. Sayangnya, Ganteng pula yang menang. Sebenarnya aku mau datang lebih cepat, soalnya mau ngincer promo Serbunya. Tahun lalu enggak dapet, makanya diusahakan tahun ini musti dapat. Cuman yaaaa karena saat itu masih ngerender video pembukanya Mega Bazaar Computer di Medan pada tahun ke 2013, jadinya agak lama mau berangkat. Udah siap mau gerak, eh udah mau siang aja. Sementara aku musti diantar sama emak tertjintah. Alhasil, gak jadi dapet deh. Selamat tinggal tuh promo Serbu ;w;

Oh iya, hari ini aku sempat ngerayu orangtuaku demi membeli mouse baru. Pengennya sih beli pas pameran, cuman mousenya nggak ada dijual saat itu. Coba aja kalau stand Logitech dibuka. Dan mousenya pun aku beli di toko Intikom yang terletak di Jalan Timor, kota Medan. Buat yang enggak tau, silakan cari sajah di Google Maps, haha. Itupun ke sana aku pergi sendirian. Setelah dari toko, siangnya pun aku jadi pergi ke sana. Masih sepi seperti kemarin, yaaa kira-kira begitulah. Kali ini, komunitas Blogger Sumut dan Android Medan turut hadir. Medan Berkebun juga hadir, dan juga Backpacker Medan.

Di tengah-tengah lagi nyoba mouse baru, eh tau tau ada mbak-mbak SPG nawarin nari Harlem Shake di depan stand mereka. Awalnya aku menolak, tapi karena ditawarin (tepatnya dijerumuskan supaya ikut) sama temen-temen juga, dan tanganku juga ditarik sama mbak-mbak SPGnya. Akhirnya aku pun nari Harlem Shake dengan tidak sengaja. Pffft. Udah capek bikin video Harlem Shake di sekolah, malah nari lagi. Miris deh.

Gak terasa sudah sore. Aku pun menghabiskan soreku di situ, sampai akhirnya malam tiba. Kami pun semua bubar.

Jumat, 8 Maret 2013. Sepulang sekolah, aku pun langsung datang dan mengunjungi stand Mega Bazaar Computer. Bahkan aku rela-relain bolos ekskul demi mengunjungi acara yang sebenarnya jauh lebih fail dari tahun lalu. Kesan yang didapat sih, lumayan ramai. Agak sore, aku pulang dan les. Setelah les, aku sempatkan diriku untuk mampir ke sana lagi.

Sabtu, 9 Maret 2013. The most epic day is this day. Kenapa? Jadi, awalnya udah kubela-belain mau cetak banner nih rencananya. Tapi, rekanku seperjuangan tak bisa menolong lebih karena alasan kerja yang sibuk dan menumpuk. Sementara jadwal buka stand, kalau gak hari ini ya besok. Bakal gak appeal kalau misalnya nampilinnya gak ada bannernya, begitu menurutku. Jadi, dengan modal seadanya berupa file banner, tas berisi laptop, dan tas kamera, aku pergi ke daerah USU. Aku mencari tempat yang bisa mencetak x-banner. Tiba di suatu tempat percetakan, rupanya disuruh tunggu sama ibu-ibu yang jagain tokonya. Aku nunggu agak lama. Sementara awan udah kelabu. Aku gelisah aja, seandainya ada sesuatu yang lewat di awan itu, habislah aku. Soalnya, pada saat sesuatu lewat itulah hujan bakal turun. Dan beberapa menit kemudian barulah aku menyadar kalau pada saat itu, lagi jam istirahat. Makanya disuruh tunggu. Eh, tiba-tiba hujan udah turun aja. Deras pula. Seketika waktu itu juga lampu di sekitaran daerah itu mati. Batal cetak banner deh. Yaudalah, mau gak mau terpaksa ke Santika dengan keadaan hujan-hujanan. Tas kamera yang seharusnya tidak dibiarkan di luar kutenteng, kubiarkan saja ditenteng. Alhasil, kamera yang ada di dalam basah. Layarnya basah. Mampus aku.

Dengan peralatan seadanya, pakai monitor punya Backpaker Medan, akhirnya jadi juga stand osu! Fiuh. Walaupun gak bisa nampilin lebih, tapi at least udah bisa jadi stand lah. Emang sih sepi, tapi aku udah puas banget bisa ngebuka stand dengan peralatan yang.. yah gitu-gitu aja sih. Sekitaran jam setengah empat, si Akbar dateng, mau ngebahas soal impact stand besok. Emang sih, kalau besok masih dilanjutin juga standnya bakal tetep gak rame. Dan akhirnya kita ambil jalan mutar, mencari ide supaya stand ramai. Akbar usul ke aku kalau buat komunitas animanga mendadak khusus Medan, dan komunitas itu digabung dengan stand osu. Maka jadilah komunitas itu dibentuk.

Malemnya, ada perkenalan masing-masing komunitas. Dari enam belas komunitas yang ada, komunitas osu mendapat giliran kedua. Aku hanya bisa diam aja deh. Kalau ada disuruh perkenalkan diri, ya oke. Masalahnya, penjelasanku terlalu singkat, dan gak ada yang nanya. Aku hanya meninggalkan di mana kita bisa dihubungi di social media, dan aku pun turun dari panggung. That’s it.

Minggu, 10 Maret 2013. Hari ini merupakan hari yang agak epic dari hari Sabtu. Sesuai saran Akbar kemarin, kalau kita bakal men-hybrid-kan stand osu dengan stand komunitas animanga yang baru saja dibentuk kemarin. Kami pun mulai persiapkan segala barang yang ada. Banyak barang yang dibawa, mulai dari monitor, kabel colokan, nendoroid, sampai kertas HVS untuk mempromosikan stand. Sial banget, hari itu aku belum ngecas kamera sehingga nggak banyak capture yang kuambil. Banyak cosplayer dan anak muda di sana-sini, bergaya dan beraksi. Ada yang hanya nyempil aja. Dan acara cosplay dan j-style pun dimulai. Sambil menunggu jam giliran stand kami, kami sibuk memoto, memotret, dan mengambil adegan dari aksi cosplay dan j-style yang ada.

Tak terasa, waktu sudah sampai pada hampir jam 3 siang. Kita bergerak dan membuka stand. Awalnya ada sedikit kesalahan teknis. Mulai dari laptop Akbar yang tak bisa digunakan, sampai gathering osu yang terbengkalai (lebih tepatnya hanya kumpul-kumpul biasa). Respon yang didapat cukup ramai sih. At least, udah lebih ramai dari kemarin-kemarin. Anak cosplayer Medan yang tadinya ada di depan pintu masuk, kini berada di daerah stand kami. Bahkan mereka sempat buat video Harlem Shake bersama, haha.

Dan cerita berakhir dengan bahagia. Aku pulang sendirian, sementara barang-barangku diantar oleh Akbar dengan mobil pribadinya.

Jadi, kesimpulannya? Udah agak lama posting ini terbengkalai, jadi yang bisa kukatakan adalah:

  • Space yang ada di Mega Bazaar Computer tahun ini cukup mengecewakan, karena banyak space yang tidak dipakai secara maksimal. Lihat saja perbandingan floorplan tahun ini dengan tahun lalu.
  • Kurangnya acara workshop/seminar.
  • Kenapa musti ada tempat makan? Walau jauh lebih murah dari Ule Cafe yang ada di depan, tapi kok bisa ada?
  • Banyak stand besar yang nggak hadir lagi di Mega Bazaar Computer tahun ini.
  • Mesin arcade kok engga ada lagi ya..
  • Khusus Aplaus, kok ndak ada acara red carpet lagi yak. Cosplayer muter-muter keliling area bazaar. Hmm.

Dah, kira-kira begitu aja. Mungkin masih banyak yang mau dibeberin, cuman rada-rada males nulis :v

3 thoughts on “Mega Bazaar Computer 2013? Hmm, tak terlalu ramai.

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

