Gerakan Hijab Strikes Back!

gerakanhijab-1

Secara bahasa, kata al-jilbab sama dengan kata al-qamish atau baju kurung yang bermakna baju yang menutupi seluruh tubuh. Ia juga sama dengan al-khimar atau tudung kepala yang bisa dimaknai dengan apa yang dipakai di atas baju seperti selimut dan kain yang menutupi seluruh tubuh wanita.
Ibnu Manzur dalam Lisanul Arab mengatakan bahwa jilbab berarti selendang, atau pakaian lebar yang dipakai wanita untuk menutupi kepada, dada, dan bagian belakang tubuhnya.

Jilbab berasal dari kata kerja jalab yang berarti menutupkan sesuatu di atas sesuatu yang lain sehingga tidak dapat dilihat. Dalam masyarakat Islam selanjutnya, jilbab diartikan sebagai pakaian yang menutupi tubuh seseorang. Bukan hanya kulit tubuhnya tertutup, melainkan juga lekuk dan bentuk tubuhnya tidak kelihatan.

Mungkin sebagian dari kaum muslimah rada enggan untuk memakai jilbab. Sebenarnya hal ini sudah dianjurkan oleh Rasulullah saw., bahkan sebenarnya udah diwajibkan dari dulu oleh Tuhan kita, Allah swt.

“Gak salah apa kalo kita pakek jilbab?”

“Eh, cem betol aja awak mo pakek jilbab..”

“Ngapain pakek jilbab, nanti awak makin gerah makeknya..”

Ini dia buktinya…

يَاأَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

“Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59).

Nah, dari dalil ini saja kita sudah tahu kenapa alasannya memakai jilbab. ‘Lebih mudah dikenal’ dan ‘tidak mengganggu’. Dengan memakai jilbab, kita jadi lebih mudah dikenal dan diingat orang, dan juga tidak mengganggu orang lain yang justru malah membuat kita merasa terganggu karena penampilan kita yang terlalu mencolok.

gerakanhijab-2

Nah, kan sudah jelas nih kira-kira mengapa kita seharusnya memakai jilbab. Adapun batasan-batasan dalam memakai jilbab, adalah sebagai berikut.

وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ

“… dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak darinya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya…(An-Nur: 31).

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang pemahaman asal usul pemikiran memakai jilbab, mengapa diharuskan memakai jilbab, bisa dilihat di sini.

Sedangkan untuk pemikiran-pemikiran dari para ulama tentang pemakaian jilbab dan konteks lebih lanjut tentang pemakaian jilbab bisa dilihat di sini.

Mengenai acara gerakan memakai jilbab di sekolah, kebetulan dua hari sebelumnya sudah ada kabar dari pemberitahuan ke kelas-kelas, bahwa akan diadakan acara untuk meramaikan gerakan ini. Badan Kemakmuran Masjid Ibnu Sina Smansa juga turut dalam gerakan ini, dengan membantu memberikan sumbangan jilbab dari siswi SMA Negeri 1 Medan untuk para muslimah yang lainnya. Tak lupa mereka juga bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Islam USU dan yang lainnya untuk mensukseskan gerakan ini.

Hari ini, mahasiswa dan mahasiswi dari USU datang meramaikan dan mensosialisaikan gerakan ini.

gerakanhijab-3

Mereka saling membantu, menyebarkan pin, stiker, dan brosur berupa acara lomba (yang sebenarnya sudah telat, hanya sampai kemarin batas lombanya) yang diadakan oleh mereka. Untuk hari ini, mereka akan pawai dari Selayang (Tetrikal) sampai pintu masuk USU 1 (di sana mereka bakal orasi). Tak lupa mereka bakal bagi-bagi jilbab, stiker, dan kartu ucapan.

Dan terakhir, untuk hari Jumat, bakal ada keputrian akbar di stadion mini USU mulai jam 12.30 WIB. Ada acara lomba fashion show dan lomba merias jilbab. Jangan lupa ikutan ya, muslimah! Hehe.

Semoga, dengan adanya gerakan memakai jilbab ini, dapat membuat para muslimah yang awalnya hanya sekadar memakai jilbab karena terpaksa atau hal lainnya, supaya dapat memakai jilbab selalu dalam kesehariannya… salut buat orang-orang yang membuat gerakan ini. Insya Allah acara ini bakal sukses! Allahu akbar!

Advertisements

2 thoughts on “Gerakan Hijab Strikes Back!

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s