First impression of ‘Pembunuh Rasa Sakit’

painkiller-mainmenu

You know what i mean lah. Bukan film sih, tapi game. Udah lama juga ga ngereview game.

Aneh juga sih. Udah beberapa developer yang saya minta untuk direview gamenya, tapi kenyataannya sampai sekarang belum dibikin juga. Malah mereka nggak khawatir atau menagih saya untuk supaya dibuatkan, padahal saya udah berjanji untuk dibuat. Well, saya merasa berdosa nih. Ntar saya buatin deh, kalau ada waktu haha.

Dan, untuk pertama kalinya, di blog ini, saya akan bicara tentang bagaimana tanggapan saya mengenai game yang berjudul Pembunuh Rasa Sakit. Atau bahasa gaulnya, Painkiller. Lengkapnya, Painkiller: Hell and Damnation.

Mumpung gratisan waktu akhir pekan di Steam, saya langsung coba aja download dan memainkannya.

Dari awal main aja saya udah kecewa. Mau gimana lagi coba. Awal ngeklik mode Campaign aja diingetin cuman bisa main satu chapter doang. Ini yang bikin orang jadi enggan beli, walaupun udah didiskon sampai 66%.

painkiller-1

Oke, saya nggak bakal kasih spoiler apa-apa. Cuman kasih awal pengenalan storynya sedikit. Ceritanya si Daniel ini punya istri namanya Catherine. Terdengar mainstream, maklum orang barat. Malam-malam mereka lagi di mobil. Mereka lagi ngapain, saya ga tau. Yang pasti, Daniel lagi nyetir waktu itu. Tiba-tiba aja dia udah mati. Catherine juga. Mereka terpisah. Daniel terperangkap di dunia di antara mati dan hidup. Purgatory bahasa kerennya. Sementara Catherine udah duluan nyusul di alam sana.

painkiller-2

Dan kemudian cutscene berubah ketika si Daniel lagi galau nungguin mantan kekasihnya di kuburan. Lagi ngences mikirin si Catherine. Sang almarhum istri pun berbisik kepadanya. Kaget, rupanya dateng setan. Sempatlah mereka ngobrol-ngobrol dulu. Si pembawa kematian ini nawarin paket promo, kalo Daniel bisa bantai 7000 nyawa para roh jahat, dia bisa ketemu Catherine lagi. Daniel pun langsung setuju, dan kemudian dimulailah petualangan Daniel membasmi kejahat- eh salah, ketidakseimbangan dunia purgatory.

painkiller-3

Awal main masih belum terbiasa. Efek samping pun muncul seperti histeria, darah naik, bahkan ketiduran gara-gara masih pagi baru bangun tidur. Pakai senjata pun entah cemana-cemana lah. Gak tau guna senjata ini, eh rupanya ada shotgun di awal-awal. Main game ini pun kayak maling dikejar setan. Asal ada tulang bangkit dari kubur, langsung dihajar dari berbagai arah.

Perlahan udah bisa dimainin lah. Tapi efek syoknya masih kerasa. Mati di tengah-tengah act I, mulai pakai amunisi senjata seperlunya. Kadang camping di satu tempat, kadang ngacir-ngacir ga jelas saking dikejar-kejar setan. Ngumpulin koin apa gunanya, paling cuman buat beli kartu tarot yang mahalnya naudzubillah. Apalagi mau ngumpulin health yang juga begitu susah nunggu spawnnya setelah musuhnya mati beberapa detik.

painkiller-8

painkiller-7

Bosan main Singleplayer, saya coba juga Multiplayernya. Main di satu server, ketemu orang bule di daerah nun jauh di sana. Saya lihat karakternya cewek. Impresinya terhadap game ini juga jelek. Menurut dia, kurang pas saat game ini muncul di free weekend, apalagi portingnya yang katanya juga ga bagus-bagus amat. Sepadan banget sama opini saya.

painkiller-6

painkiller-5

Terakhir-terakhir main, nekad juga nyari savean data orang. Sedih, mau nyoba unlock semua chapter, tapi ujung-ujungnya malah dapet gambar begini.

painkiller-10

painkiller-9

Yang saya lihat di sini adalah, bahwa storynya masih nyambung sama gameplaynya. Grafis oke. Tapi di gameplay rada-rada ngaco. Masa kita yang dikejar-kejar cepat-cepat sama setan. Lari terbirit-birit dah terpaksa.

Last but not least, game ini gak bagus-bagus amat. Cocok buat para gamer yang lagi frustasi ga dapet game horror yang cocok buat dimainin. Plis deh.

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

