Jagad Raya

Sekadar membantu teman-teman X-1 yang butuh teks Jagad Raya, pelajaran Geografi.

Teori Terjadinya Jagat Raya

  • Teori Nebula

Oleh Lapplace dan Immanuel Kant

Tata Surya berasal dari kabut yang berputar lambat, memadat atas dasar prinsip tarik menarik serta tolak menolak dari bagian-bagiannya membentuk pada pusatnya sebuah inti besar matahari dan di sekelilingnya inti kecil planet-planet.

  • Teori Planetesimal

Oleh Thomas Chamberlin (1843-1928) dan Forest Moulton (1872-1952)

Planetesimal akan bergabung membentuk proto planet. Namun karena adanya perbedaan kecepatan partikel dalam dan partikel luar, di mana partikel dalam bergerak lebih cepat dari partikel luar, maka objek yang terbentuk akan memiliki spin retrograde.

  • Teori Pasang Surut (Teori Capture)

Oleh James Jeans (1877-1946)

Interaksi antara matahari dengan bintang lain yang melewatinya, pasang surut yang ditimbulkan pada matahari sangat besar sehingga ada materi yang terlepas dalam bentuk filamen. Filamen ini tidak stabil dan pecah menjadi gumpalan-gumpalan yang kemudian membentuk proto planet. Akibat pengaruh gravitasi dari bintang proto planet memiliki momentum sudut yang cukup untuk masuk ke dalam orbit di sekitar matahari.

  • Teori Proto Planet

Oleh McCrea 1960

Proto planet merupakan embrio planet di dalam piringan yang tarik menarik satu sama lainnya secara gravitasi dan bertuburkan. Proto planet akan saling mengganggu orbit satu sama lainnya dan bertabrakan membentuk planet (terjadi coalesce yang membentuk planet.

  • Teori Nebula Matahari

Oleh Safronov 1972

Pembentukan Matahari dan planet-planet terjadi secara spontan dari bola gas dan debu yang berputar lambat. Nebula ialah suatu massa debu da gas di dalam galaksi.

  • Teori Akresi

Oleh Otto Schmidt (1892-1956)

Matahari setelah melewati awan debu akan memiliki selubung gasdan debu di mana di dalam selubung tersebut akan terjdi pembentukan planet dengan cara akresi.

  • Teori Bintang Kembar

Oleh Jeans Jettyes

Karena adanya bintang yang melintas terlalu dekat dengan matahari menyebabkan massa matahari tertarik dan sebagian terlepas, setelah proses pendinginan terjadilah planet-planet.

  • Teori Pusaran

Oleh Carl von Weizsaker (1912-1944)

Pola piringan yang mengalami turbulensi terbentuk pusaran-pusaran kecl dan materi akan berinteraksi dengan kuat, membentuk kelompok dan mengalami kondensasi. Kondensasi terbentuk dalam cincin dan saat semua kondensasi di cincin telah berada dalam cincin, maka akan membentuk keluarga planet.

  • Teori Komet Buffon

Oleh George comte de Buffon (1701-1788)

Tabrakan komet dengan permukaan matahari menyebabkan materi matahari terlontar dan membentuk planet pada jarak yang berbeda. Kelemahannya Buffon tidak bisa menjelaskan asal komet. Ia hanya mengasumsikan bahwa komet jauh lebih masif dari kenyataannya.

  • Teori Big Bang (Ledakan Besar)

Oleh Hubble dan Hans Bethe 1939

Galaksi-galaksi dalam alam semesta berkumpul hingga akhrinya terjadi suatu ledakan besar. Maka bahan yang bercerai berai membentuk galaks-galaksi baru yang saling menjauh.

Advertisements

One thought on “Jagad Raya

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s