Weekend Ceria dengan idblogilicious 2012

Enam belas bulan berlalu, setelah idBlogilicious 2011 diramaikan di kota Medan. Kali ini kota Medan didatangi kembali oleh tim idBlogNetwork, kembali menyemangati spirit blogging kepada para netizen di Medan, tanggal 22 sampai tanggal 23 September 2012. Mengambil tempat di Amaliun Foodcourt (sebelumnya di RRI Medan tapi batal karena masalah teknis).

Sebelumnya, apa itu idBloglicious? idBlogilicious adalah sebuah event seminar + workshop di 7 kota Indonesia dengan target 200 blogger yang bertujuan untuk mengajak anak muda Indonesia menjadi “positive blogger” yang menantinya akan menjadi ujung tombak pewarta positif (positive netizen) dalam dunia digital. Bebas konten porno, SARA dan negative lainnya.

So, sudah tahu kan apa itu idBlogilicious? Nah, sebenarnya saya pun datang ke sini nggak untuk tujuan di atas. Paling banter saya hadir di sini cuman untuk ketemu temen-temen blogger lama, kek bang Nich, bang Badia, bang Zikri, bang Din, dan temen se-SMP dulu, Reza.

Day 1

Jauh-jauh hari saya udah galau duluan soal jadwal idBlogilicious dengan jadwal mubes (musyawarah besar) ekskul. Sama-sama tanggal 22 dan 23 September. Saya bingung. Mau ikut yang mana pun rasanya sulit. Apalagi saya yang rada-rada plin plan dalam memilih keputusan. Walaupun demikian, saya tetap memaksakan diri untuk ikut idBlogilicious. Pulang dari sekolah, demi idBlogilicious saya rela bolos ekskul Pramuka dan ICT, serta jalan kaki dari daerah sekolah ke arah Sun Plaza, kemudian ke arah Bank Sumut dan ngetem sebuah becak ke arah Jalan Amaliun. Otewe ke Amaliun Foodcourt.

Oh ya, di idBlogilicious 2012 kali ini, ada dua hari dan dua sesi. Sesi pertama di hari pertama yaitu seminar. Karena saya datang agak telat (karena saya sekolah dulu), jadi apa yang saya dapatkan materinya sungguh sangatlah terbatas. Mungkin saya nggak lihat orang nengok tari tor-tor seperti yang dibilang bang Zikri ataupun materi-materi sebelum saya datang ke tempat. Tapi, setelah saya datang ke event, yang ada malah langsung ke bahasan UseeTV.

UseeTV adalah salah satu layanan baru dari Telkom Group, yang menampilkan layanan free to watch, anywhere, anytime. Jadi di mana saja dan kapan saja bisa nonton. Mau itu di rumah, di mobil, di kafe, atau di mana aja.

Nah, kebetulan aja ada penawaran dari UseeTV berupa quiz. Siapa aja bisa ikutan. Ini cara-caranya.

Selanjutnya ada pembahasan apa itu blogging oleh, dan diikuti dengan pembahasan Social Media oleh bang Fikry Fatullah, dan soalan tentang Wifi.id oleh salah satu rekan papa saya, yang kebetulan bekerja di satu perusahaan yang sama.

Day 2

Setelah kecewa nggak bisa download kemarin (karena aku baru tahu bagaimana cara login ke wifi.id, tanpa melihat brosur yang sudah diselipkan di tas kamera yang dibawa papaku), kali ini aku harus bisa download sebanyak-banyaknya! Hehe~

Dengan rasa kepercayaan yang tinggi, aku pergi pagi-pagi, sekitar jam setengah sembilan. Maunya langsung OTW ke tempat sih, tapi karena pengen beli kabel HDD sama casing HDD external, jadinya aku cuman dianterin sama mama ke kampus Harapan, sekolah SMPku dulu. Di sana, aku menunggu Reza, dan beberapa detik kemudian dia sudah sampai. Kami pun pergi menuju ke Merak Jingga, pusat toko-toko komputer bersarang. Entah nggak tahu atau emang sengaja, Reza mencari benda legendaris itu di waktu yang masih pagi ini. Aneh ya. Kan toko pada belum buka. Satu per satu toko yang buka kami kunjungi. Dan benda legendaris itu tetap tak kunjung ditemukan juga. Alamak, toko yang biasa menyediakan barang-barang legendaris itu secara lengkap itu belum buka pula. Sementara acara sudah dimulai pada jam sembilan. Malah jam delapan sudah dibuka pendaftarannya. Karena belum ditemukan juga, dan toko tokonya sementara masih belum buka, maka kami pun langsung menuju ke lokasi. Dari Merak Jingga ke Amaliun Foodcourt.

Sampai sana, aku deg-degan. Sempat ditakut-takuti sama Reza, kalau mau makan siang musti pake badge yang baru. Katanya sih kartunya dikasih dua. Ah, tapi masa sih? Ah main main aja itu kan… kupikir begitu.  Sempat Reza salah kostum, dan ganti baju kaos Blogilicious di kamar mandi. Alah, aku masih deg-degan pun.

Sampai ruangan, aku juga masih sreg. Pasalnya dia bilang kalau makan masih ada tandanya ya nggak bisa makan. Aku takutnya, ntar aku makan apa? 😦

Ah, gak peduli pun aku. Aku duduk di tempat yang sama seperti kemarin. Begitu datang, eh rupanya sudah ditempati sama orang lain. Alamak. Cemana mau fokus mendengarkan workshop bermain game dengan tenang kalo ada orang di tempat dudukku. WHY??? w(QAQw)

Ah, terpaksalah aku duduk di belakang. Kutaruh tasku di dekat bangku di depan, di bawahnya. Langsung kuambil laptop yang baru saja kubeli beberapa hari yang lalu. Kuambil juga charger laptopnya, dan kucolokkan di dekat colokan yang seperti biasa, juga ada di depan. Tampak di depanku ada mas Kukuh sedang asyik membaca berita dari iPadnya. Kuabaikan saja.

Setelah itu, aku langsung onfire. Duduk dengan laptop, dan mendengarkan workshop. Nyatanya, aku malah main selama workshop. Eh, ngga sih. Aku mencoba mendownload Super Monday Night Combat yang kupunya di Steam. Dengan kecepatan mulai dari 10 sampai 20Mbps, file game tersebut yang sebesar 2,5GB tuntas dalam kurang dari 1 jam setengah. Kurang puas, aku mencoba mendownload lagi, tapi kali ini aku download seri anime yang mungkin layak ditonton. Kokoro Connect, Eroge! H mo Game mo Kaihatsu Zanmai, dan Yuru Yuri Season 2 masuk dalam daftar list Torrentku kali ini. Wah! Gila luar biasa ~_~

Nah, liat sendiri kan? Padahal cuman koneksi dari wifi umum, wifi.id. Tapi kecepatannya lebih cepat dari Flexi, Speedy, bahkan warnet dekat rumahku! Sungguh menakjubkan~

Oke, daripada OOT mulu, kita bahas workshopnya lagi.

Yang kutahu sih, selama workshop, ada bang Nich yang ngebahas soal Security Blogging, mas Kiki yang ngebahas desain blog yang bagus itu gimana, kemudian ada bang Mulyadi aka bang Adieska yang ngebahas berbau SEO blogging. Ada juga bang Putra yang ngebahas tentang Mobile Blogging, dan mbak Rara yang ngebahas Mozilla dan proyek-proyek besarnya.

Nggak kalah juga, ada berbagai cerita menarik. Seperti foto-foto yang diambil candid namun terlihat menarik. Ada pula kelucuan yang terdapat pada saat sesi tanya jawab Mozilla Thimble yang dibahas oleh mbak Rara. Ada seorang penanya, yang mungkin rada-rada menjatuhkan sang keynote, dia seorang yang cakap di IT dan seorang anggota Kaskus regional Medan. Maaf saja saya rada malas menyebutkan namanya, karena ditakutkan menyinggungkan namanya. Jadi, sebenarnya dia menanyakan pertanyaan yang tidak diketahui mbak Rara, padahal dia tau jawabannya. Thimble secara keseluruhan adalah web-maker yang didesain khusus untuk amatir, jadi tinggal hanya mengatur HTMLnya saja. Tapi tidak untuk pengkodean yang lebih rumit, seperti CSS, XSS, dll. Pertanyaan itu yang ditanyakan olehnya. Apalagi, kalau Thimble dikatakan mencontek ide dari… err… saya lupa namanya yang disebutkan. Tapi yang jelas, katanya Thimble dicontek. Mbak Rara kelagapan. Hahaha.

Gitu juga pada saat mas Kiki mempresentasikan topiknya. Tampak kejanggalan pada mendesain header dan gimana seharusnya kita mendesain. Ya, seperti yang dikatakan, ada kesalahan. Baru beberapa menit setelah diskusi ditutup, mas Kiki meralat apa yang sudah dikatakannya. Hadeuh.

Pun ada pada saat break, dimunculkan tweet-tweet yang berhashtag #Blogilicious pada saat sesi event. Nah, karena akun utamaku nggak bisa dipakai, sementara aku mau nyepam, maka aku memakai akun komunitasku sekaligus akun cadanganku. Aku spam satu layar itu. Semua tweet yang dimunculkan, kalau nggak punya Reza, bang Zikri, atau punyaku. Makanya, kami dijuluki sebagai trio spammer. Haha.

Ada pula kelucuan yang terjadi pada saat mengambil job review dari idBlogilicious. Apa itu job review? Job review adalah tugas, atau pekerjaan yang dilimpahkan kepada anggota idBlogNetwork dan mendapatkan upah sebagai balik hasil dari mereview sesuatu. Nah, karena ada quiz job review, maka siapa yang berhak mendapatkan job review maka akan mendapatkan salary sebesar 1 juta rupiah, dan tidak ditanggung pajak. Nah, bang Badia yang dulunya pernah ikut idBlogilicious malah ikutan lagi di tahun ini, dan ujung-ujungnya dapat pulak. Haha. Tapi, setelah dapat, musti nari gangnam style, hahaha.

Dan yang terakhir ada pada kekalahan telak pada lomba quiz yang diadakan oleh UseeTV. Baik itu lomba blog (gak sempat menulis blog dengan cepat, teliti dan akurat, karena malam sebelumnya asik bermain game), lomba Twitpic, maupun undian lucky draw.

Haaaaah, tidak sia-sia juga aku datang ke sini. Esok harinya, teman-temanku pada bertanya, kenapa gak ikut mubes. Aku pura-pura bilang “ada acara”, padahal aku ikut acara seminar. Yah, paling tidak aku ikut acara yang jauh lebih menyenangkan daripada mubes yang terasa kaku. Tidak apalah.

Advertisements

2 thoughts on “Weekend Ceria dengan idblogilicious 2012

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s