Apa itu Retweet dan tips RT yang baik

Mungkin udah pada banyak yang tahu ya, dan juga udah pada banyak yang make Twitter. Udah banyak juga yang ngepost beginian di blog, tapi karena saya lagi iseng-iseng aja, terus kesel sama RT abuser di Twitter, saya buat aja post ini.

Buat yang belum tahu Twitter, Twitter adalah social media seperti Facebook, bedanya Twitter hanya mengandalkan 140 huruf untuk update status. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

Nah, mari kita bahas RT.

RT atau Retweet ini, secara bahasa artinya ‘mengicaukan kembali’. Dalam Twitter, Retweet ini fungsinya untuk mengulang kembali tweet yang ada di timeline Twitter kamu supaya dishare kembali ke teman-teman kamu yang ada di Twitter. Mungkin ada di antara teman kamu yang tidak ngefollow si A seperti kamu, sedangkan si A ada kabar bagus. Nah kamu share lewat RT, sehingga teman-teman atau follower kamu bisa baca tweetnya si A yang menarik itu tanpa musti ngefollow si A.

Contoh:

Nah di atas merupakan Retweet dari @gantibajudotcom. Sebenarnya saya nggak follow si @MizanulHaq™, tapi karena akun Gantibaju meng-RT-kan tweetnya si MizanulHaq, secara otomatis tweetnya tampil di timeline saya berkat RT Gantibaju. Nah kira-kira begitu.

Terus bagaimana dengan yang ini?

Nah yang ini biasanya buat yang suka nge RT tapi caranya manual. Banyak banget ya Twitter client (aplikasi Twitter buat ngetweet tanpa harus di web) yang menyediakan opsi seperti selain Reply, ada Quote. Nah mungkin mereka memakai opsi itu untuk Retweet. Ya ngga salah sih retweet cara di atas, tapi apa salahnya juga nggak nge-retweet pake cara yang pertama? Kan lebih asik pake cara yang pertama.

Yang formal udah, yang sering juga udah. Sekarang ini.

@ARTUPIDA: Aku dah sehat (˘̶̀••˘̶́ ‘) RT @ellenaellena: @ARTUPIDA jgn makan sambel entar sakit perut! :))

Banyak orang yang rasanya males melihat conversation satu satu sebuah tweet, jadi rasanya tanpa adanya lihat conversation, orang bisa aja nulis tweet tanggapan dan tweet sebelumnya dalam satu tweet seperti di atas. Okelah, saya pun juga rada-rada males nengok tweet tanggapan yang isinya simpel aja. Kalo menarik beda lagi.

Kemudian.. lanjut.

@dianarosa: @adenaufal kamu bilang apa?

Kalo yang ini kan masih wajar ya, ngereply/ngemention tweet seseorang. Terus kemudian jadi seperti ini.

@adenaufal: Ya itu RT @dianarosa: @adenaufal Kamu bilang apa tadi?

@dianarosa: Itu apa? RT @adenaufal: Ya itu RT @dianarosa: @adenaufal Kamu bilang apa tadi?

@adenaufal: Kalo aku suka sama kamu… RT @dianarosa: Itu apa? RT @adenaufal: Ya itu RT @dianarosa: @adenaufal Kamu bilang apa tadi?

Meh! Ini udah gak wajar! Aduh, RT kan fungsinya buat men-tweet kembali tweet seseorang, kok fungsinya jadi beralih ke reply? Jadi kesannya seperti forward di email. Kenapa gak pake fitur Conversation aja kalo mau ngeliat tweet sebelumnya, biar nyambung? Kenapa musti pake RT terus tweet di belakangnya, jengkel tau.. Nyemak gitu.

RT kan fungsinya untuk retweet yang sudah ada. Terus kalo tweet sebelumnya hilang, apakah RT juga ilang? Ya dong… makanya banyak orang yang make RT secara manual supaya nggak hilang tweetnya.

Tips: hindari RT iseng-iseng. Kenapa? Orang diedit-edit aja kesel, apalagi yang lain. Biasanya orang-orang yang ngeRT edit ini jahil, iseng-iseng, senang-senang, ato justru nggak pernah ditweet sama idolanya. Miris.

Umpamanya:

@adenaufal: aku ganteng

Malah diedit jadi seperti ini.

@bulanrasty: RT @adenaufal: aku maho

Kamu kesel gak kalo tweet kamu diedit-edit seperti ini? Kesel kan? Ya gitulah.

Oke jadi kira-kira begini bahasan RT dan cara RT yang baik dan benar. Pendapat saya, RT yang pertama tetap yang official caranya. Sisanya user-made semua.

Advertisements

2 thoughts on “Apa itu Retweet dan tips RT yang baik

  1. Bagus tipsnya thx

    Permisi temen2, mungkin temen2 disini ada yg dah pernah nyobain game online MMORPG PUTRA LANGIT ??, jadi gini aku baru-baru ini main game gokil keren ini neh – PUTRA LANGIT ONLINE – dah nyobain wa waktu itu pas masa alpha test gameplay-nya addicted banget loh banyak fitur menarik, klo mo tau lebih lanjut masuk aja fanspagenya di -> http://www.facebook.com/putralangit.online, dan MICROSITE-nya => http://putralangit.capple.net/microsite/ , game ini diangkat dari komik terkenal TONY WONG “LEGENDA PUTRA LANGIT” yang terkenal itu loh, cekidot aja biar lebih jelasnya di link2 yg ane kasih klo suka jangan lupa di like yo

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s