Ulasan “Inside Telco” Bersama AXIS #eduAXIS

Ulasan “Inside Telco” Bersama AXIS #eduAXIS

Mengenai ulasan kali ini, sebenarnya sudah saya ketahui sejak dua hari yang lalu, ketika bang Nich mensharekan eventnya di eEvent. Ketika itu, baru dua orang yang sudah mendaftar, hanya bang Nich dan kak Yuni. Tambah satu saya ikutan jadi tiga deh hehe. Wis, saya kasih tahu si Reza yang selalu ikut menemani saya di mana pun saya berada. Ngga deh, yang satu ini mah ngga beneran. Lalu, si Reza ngajak berunding gimana dengan transportasinya, dan diusulkan akan dibahas di sekolah nantinya.

Di sekolah, ketika itu saya masih berunding sama teman saya masalah kepergian menuju venue. Ya, saya putuskan saja berangkat sendiri-sendiri, mumpung saya waktu saat itu les jadi bisa terjun ke lapangan sepulang les. Si Reza hanya mengiyakan saja.

Tak terasa, sore pun tiba. Saya tertidur, dan melewatkan waktu les saya. Saya pikir masih bisa les, jadi saya bersiap untuk mandi dan shalat. Eh tahu tahu malah saya ingin aja bolos XD (iya sih pengennya bolos). Singkatnya, saya berangkat agak telat dari rumah ke venue. Gak sesuai jam. Bahkan saya melakukan check-in konyol di sepanjang jalan.

Sesampai saya di sana, saya berjumpa dengan Reza yang tengah duduk di hadapan panggung. Ya, maklum sudah banyak yang datang sebelum dimulai. Dan saya rasa waktunya juga agak delay lebih lama satu jam dari biasanya (sepertinya, karena dulunya juga gitu).

Nah, oke, sebelum itu saya mengupload video sebentar saja. Yah, karena takut habis baterenya jadi disedikitkan aja waktunya XD

Sekelak saya makan lagi (padahal di rumah udah makan, eh tahu tahu ditawarin bang Nich makan lagi @_@)

Jam tujuh event seharusnya sudah dimulai. Acara dibuka dengan sambutan hangat dari host yaitu bang Badia dan… err saya gak tahu siapa nama host wanitanya. Yang jelas saya ngga terlalu memperhatikan banget hostnya ngomong apa. Dan yang terpenting adalah saya justru memperhatikan kondisi smartphone saya yang sedang galau baterainya. Kala itu saya berusaha mencari cara bagaimana supaya bisa mendapatkan handphone saya dengan keadaan terisi baterai yang mumpuni. Saya tanya sama Reza apakah ada charger yang sesuai. Dia bilang ada, tapi ujungnya USB. Hadeeeh gimana mau ngecas, ngecas belakang depan kiri kanan nanti malu, segan, malu-maluin. Terpaksa saya borong tas laptop si Reza, saya pakai colokan di dekat wastafel di belakang, saya hidupkan laptop dan saya tancapkan USBnya. Oke, terisi baterenya. 😀

Setelah pembukaan acara dari MC,  barulah memasuki acara sesi perkenalan AXIS dan produk yang baru baru ini dilancarkan oleh AXIS, diperkenalkan langsung dari bapak Lasdri.

AXIS mulai memperkenalkan produk barunya yang menjadi andalan yaitu AXIS Eksis dan AXIS Plus. AXIS Eksis adalah produk layanan AXIS yang spesial ditujukan bagi pengguna internet mobile yang gemar update status dan menjalin hubungan dengan ekstrim di social media. Lalu, jika AXIS Eksis ini khusus untuk pengguna ekstrim social media, apa sajakah yang ditawarkan AXIS dalam produk layanan ini?

AXIS Eksis menawarkan paket Unlimited untuk para pengguna dengan harga murah dan terjangkau! Bayangkan aja, kamu bisa menggunakan AXIS Eksis ini sepuasnya dengan membayar Rp9.900 per minggu atau 29.900 per bulan! Murah banget kan? Eh, tunggu dulu! Masih ada batas quota (pemakaian wajar) dari berlangganan paket-paket Unlimited ini, seperti halnya Unlimited Mingguan yang dibatasi hingga 100 MB dan Unlimited Bulanan yang dibatasi sampai 400 MB. Dan cara berlangganannya pun murah! Kamu hanya perlu tekan *123*2#, pilih AXIS Eksis, dan lalu pilih paket sesuai kebutuhan, baik itu mingguan atau bulanan.

Oh iya, Internetan pakai AXIS juga murah banget loh bagi yang berinternetan TANPA menggunakan paket, hanya Rp2/KB dan GRATIS Internetan jika pemakaian sampai Rp3.500! Murah banget kan?

Lalu, jika AXIS Eksis itu untuk pengguna gila social media, bagaimana dengan AXIS Plus?

Seperti yang diterangkan bapak Lasdri, AXIS Plus ini mempunyai jenis jaringan AXIS yang menggunakan line XL. Di mana jika sinyal AXIS tidak ada terdeteksi, pengguna AXIS Plus bisa menggunakan sinyal AXIS melalui sinyal XL dan ini merupakan kelebihan dari AXIS Plus.

Nah, setelah membahas produk, kali ini bapak Lasdri memaparkan bagaimana sih kondisi koneksi AXIS itu. AXIS, seperti yang kita ketahui punya jangkauan sinyal yang sudah mencukupi, meliputi seluruh daerah Medan dan beberapa bagian di Sumatra Utara. Tentu saja hal ini mengalahkan XL baik coverage sinyal maupun banyaknya BTS. Tapi, dikatakan oleh bapak Lasdri, bahwa AXIS mempunyai ‘kelebihan’ dalam coverage. Apa itu?

Pengguna AXIS bisa menggunakan AXISnya di mana pun berada. Karena AXIS punya akses untuk menggunakan coverage XL. Tapi bukan berarti XL bisa juga. Hal ini tidak berlaku bagi XL. Mungkin, pendapat yang sekiranya saya dapat, itu karena AXIS dan XL terikat dalam suatu joint venture yang memungkinkan untuk saling membuat dan mensharing BTS bersama (dalam hal ini saya belum mengerti benar tentang bagaimana bisa, tetapi dengan kenyataannya bahwa AXIS pernah bekerjasama dengan XL).

Kemudian, saat ini AXIS sudah mendukung HSDPA. Hal ini diamini oleh bapak Lasdri dalam topik yang sedang dibicarakan pada saat itu.

Dan, seingat yang saya tahu, bapak Lasdri juga mengajak para blogger untuk melike halaman Facebook AXIS dan mengajak para blogger untuk mengikuti event So-Me Playground di pelataran parkir Plaza Medan Fair, gratis! *inget ini saya jadi inget event Honda deh hehe*

Nah, setelah usai pembicaraan oleh pak Lasdri, kali ini lanjut ke pembicaraan selanjutnya yang akan dibawa oleh bapak Danny Buldansyah, pemerhati Telco di Indonesia.

Awalnya, bapak Danny memaparkan bagaimana perusahaan-perusahaan raksasa lokal bisa berkembang dengan maju. Jawabannya: kreativitas. Jika ada kreativitas maka kita bisa ketahui apa tindakan yang selanjutnya yang harus kita lakukan. Bapak Danny juga  memaparkan kondisi dan situasi serta perkembangan Telco dari jaman awal dimulainya perkembangan Telco sampai sekarang. Telco sekarang sudah berkembang secara signifikan, kita bisa lihat dari outlook yang disediakan pada presentasi yang diberikan oleh bapak Danny. Awalnya sih Telco dimulai dengan adanya telegram, telepon secara biasa, SMS, pager, fax, kemudian maju dan berkembang seperti mata uang virtual yang akan diperkenalkan oleh Facebook beberapa tahun mendatang.

Menurut hasil pengamatan bapak Danny, Facebook di Indonesia itu sudah mencapai ranking dua terbesar di dunia. Bayangkan aja, user di Indonesia yang sebesar sekitar 45 juta berkembang dengan nambah 1–2 juta per bulannya. Apalagi Twitter.

Ditambahi dengan pengguna mobile yang semakin banyak ketimbang pengguna PC, beberapa industri di  Indonesia sebagian besar sudah menekankan pentingnya Mobile Application sebagai ladang mengumpulkan duit. Makanya itu data dan voice access yang ditawarkan produk layanan Telco sudah banyak yang tersingkirkan dengan adanya produk-produk aplikasi terkini seperti halnya aplikasi chatting dan browsing. BlackBerry di Indonesia aja udah termasuk tiga negara terbesar di dunia. Maka daripada itu, AXIS senantiasa memiliki tim yang kuat, tak hanya mengejar profit (penjualan) tapi juga tim di dalamnya (expert team) dalam meningkatkan kualitas layanan. AXIS juga tak segan memperbaiki kualitas jaringannya dengan membangun BTS-BTS di wilayah. Sesuai anggaran belanja, biaya memang dihabiskan untuk membikin BTS. Tapi di sisi lain hal ini juga merepotkan, dan oleh karena itu adanya BTS sharing (bagipakai BTS), antar operator bisa menggunakan BTS secara bersamaan tapi belum maksimal (?)

Daaaan, setelah pak Danny bercakap-cakap di depan, akhirnya beralih ke sesi pertanyaan.

Di sesi pertanyaan ini, agak rame, walaupun hanya sebagian orang saja yang bertanya (dan mayoritas itu para anggota BloggerSUMUT). Tapi yang paling buagus dan kritis itu pertanyaannya bang Nich tentang integritas jaringan antara negara sendiri dengan negara lain, dan pemakaian data di negara lain itu apakah akan mengacu kepada hutang suatu perusahaan (atau justru sebaliknya?). Nah, solusinya untuk pemakaian seperti ini adalah, dengan menambah konten bermuatan lokal, selain meringankan operator juga memaksimalkan akses data dalam negeri. Walaupun perusahaan perusahaan Telco secara multilateral sudah mengadakan Memorandum of Understanding, tapi yang jelas ya namanya pemakaian di luar negeri dengan membuka konten di luar negeri juga akan berdampak buruk terhadap operator lokal itu sendiri.

Dan, setelah itu, masuk ke acara game -_-

Gamenya yang pertama kali ini adalah Shuffle Dance (wih ya ampuuuuuun deg degan eike).

Musiknya ya tetep pake jingle iklan yang di depan layar. Terus terang aja saya (yang ketika di sebelah kiri, paling kanan) merasa ngeh. Bagaimana ngga, YANG NAMANYA SAPELDENS ITU MUSTI BUNYI LANGKAH KAKINYA. Dan kebetulan saya lagi gak pake selop kaki yang pas.

Pas giliran saya, eh tiba-tiba si host cewe ngaco. Udah tinggi skor pun masih juga pake acara battle, jadinya gak dapet deh. Mana badan udah remuk begini. Musti pake tukang pijit dah keknya.

Begitu selesai, tibalah pengumuman Lomba Tuit. Beh, dari tadi saya gak masuk, kenapa ya? Yang masuk hanya yang saya follow aja T_T Baik itu yang tweet paling banyak maupun tweet pertanyaan paling kritis, sama sekali gak dapet (karena entah kenapa gak masuk hashtag, hanya reply tapi nama saya ada aja yang masuk @_@)

Oke deh, saya kecewa gak dapet henpon. Tapi saya bales dendam aja bikin post ini.

Sampai pulang, saya boro-boro dapet kartu AXIS gratis. Tiba sampe depan, saya disamperin sama mas-mas waiter, nanya si Reza itu temen saya ato ngga. Saya bilang iya, trus saya tanya kenapa, eh dibilang ngga ada apa apa @_@. Aneh.

Pulangnya, saya masih maen sistem ngebut check-in semalam. Dan merchandisenya juga gak seberapa(?)

*foto banyakan nyolong dari Twitter orang dan hape sendiri

15 thoughts on “Ulasan “Inside Telco” Bersama AXIS #eduAXIS

Ingin berkomentar? Jangan segan-segan!

